Friday, March 4, 2016

LAPORAN OBSERVASI VIDEO OLEH : RAHMAWATI KELAS : 6A

BAB 1
KETRERAMPILAN MEMBER PENGUATAN

Keterampilan dasar mengajar merupakan kemampuan yang bersifat khusus yang harus dimiliki tenaga pengajar agar dapat melaksanakan tugas mengajar secara efektif, efisien, dan profesional.
Keterampilan dasar mengajar bagi guru diperlukan agar guru dapat melaksanakan peranya dalam pengelolaan proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efesien. Salah satu keterampilan dasar mengajar guru yang tidak boleh dilupakan adalah keterempilan dalam memberi penguatan.
Setiap orang tentu merasa senang jika hasil kerjanya dihargai, penghargaan itu akan mendorongnya untuk lebih giat bekerja, perbuatan untuk menyatakan penghargaan atas hasil kerja seseorang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, disekolah umpanya penghargaan kepada siswa yang berhasil menyelesaikan elajarannya dinyatakan dengan pemberian ijazah, dalam kehidupan sehari seperti meminta tolong terhadap anaknya dan sebagai penghargaan atas bantuan yang dilakukan , maka anaknya mendapat ciuman dan ucapan terimakasih dari ayahnya . dan banyak contoh lainnya. Dan bagaimana halnya dalam proses belajar mengajar keterampilan seorang guru dalam menyatakan penghargaan atas hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar dinamakan keterampilan memberi penguatan, dalam proses belajar mengajar penguatan memegang peranan penting, karna jika dilakukan dengan cara dan prinsip yang tepat akan mendorong siswa  meningkatkan usahanya dalam kegiatannya belajar mengajar. Disamping itu, akan mendorong mereka mengembangkan hasil belajar.
A.    Pengertian keterampilan memberi penguatan
Keterampilan memberikan penguatan juga diartikan dengan tingkah laku guru dalam
merespon secara positif suatu tingkah laku tertentu siswa yang memungkinkan tingkah laku tersebut timbul kembali, dimaksudkan untuk membesarkan hati siswa agar mereka lebih giat berpartisipasi dalam interaksi belajar-mengajar.
Ada pula pendapat lain, Keterampilan memberikan penguatan adalah respon terhadap suatu tingkah laku yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku tersebut. Seorang guru perlu menguasai keterampilan memberika penguatan karena “penguatan merupakan dorongan bagi siswa untuk meningkatkan penampilannya, serta dapat meningkatkan perhatian.

Selain itu, Keterampilan memberikan penguatan merupakan tindakan atau respon terhadap suatu bentuk prilaku yang dapat mendorong munculnya peningkatan kualitas tingkah laku diwaktu yang lain.
Dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan adalah segala bentuk respon positif atau negatif yang diberikan oleh guru baik yang bersifat verbal ataupun nonverbal terhadap tingkah laku siswa  yang baik sehingga menyebabkan siswa tersebut terdorong untuk mengulangi atau meningkatkan perilaku yang baik tersebut dan menghilangkan perilaku yang kurang baik.

B.     tujuan keterampilan penguatan
            Adapun tujuan pemberian penguatan  didalam kelas yang diambil dari video tersebut
diantaranya:
a.       Meningkatkan perhatian siswa dan membangkitkan motivasi siswa
            Melalui penguatan yang diberikan oleh guru terhadap perilaku belajar siswa, siswa akan merasa diperhatikan oleh gurunya, dengan demikian perhatian siswa pun akan semakin meningkat seiring dengan perhatian guru melalui respon yang diberikan kepada siswanya. Apabila perhatian siswa semakin baik, maka dengan sendirinya motivasi(energy dari dalam diri seseorang yang mengarahkan tingkah lakunya) belajarnya pun akan semakin baik pula.
b.      Memudahkan siswa belajar
Tugas guru sebagai fasilitator pembelajaran bertujuan untuk memudahkan siswa belajar.Kemudahan berfungsi untuk memberikan suasana yang dapat mendorong siswauntuk meningkatkan.
c.       Menumbuhkan rasa percaya diri pada diri siswa
                       Perasaan khawatir, ragu-ragu, takut salah dan perasaan-perasaan negatif yang akan mempengaruhi terhadap kualitas proses pembelajaran harus dihindari. Salah satu upaya untuk memperkecil perasaan-perasaan negatif dalam belajar, yaitu melalui pemberian penguatan atau respon yang diberikan oleh guru terhadap sekecil apapun perbuatan belajar siswa.

d.      Memelihara iklim kelas yang kondusif 
                     Suasana kelas yang menyenangkan, aman dan dinamis akan mendorong aktivitas belajar siswa lebih maksimal. Melalui penguatan yang dilakukan oleh guru, suasana kelas akan lebih demokratis, sehingga siswa akan lebih bebas untuk mengemukakan pendapat, berbuat, mencoba dan melakukan perbuatan-perbuatan belajar lainnya. Untuk memelihara iklim kelas dapat dilakukan dengan cara menanggapi dengan penuh kepekaan yang mengganggu PBM, memeratakan perhatian, mengurangi keteganagan dengan humor,dll

C.    Komponen member penguatan
Keterampilan member penguatan memiliki enam komponen:
1.      Penguatan secara verbal, yaitu dengan menggunakan kata-kata atau kalimat. Untuk menguatkan tingkah laku siswa yang baik atau untuk mendorong tingkah laku yang dikehendaki guru dapat memberikan penguatan berupa kata-kata atau kalimat pujian, dukungan,atau dorongan.
2.      Penguatan berdasarkan mimik dan gerak badan
Dapat berupa senyuman, anggukan kepala, acungan ibu jari atau menunjuk tangan yang
kadang-kadang dilakukan bersama kegiatan verbal.Dimana penguatan ini dapat memperkuat
penampilan siswa.
3.   Mendekati siswa
Untuk menyatakan perhatian dan kesenangan guru terhadap pekerjaan tingkah laku dan
penampilan siswa, guru dapat mendekati siswa dalam melaksanakan tugas yang diberikan
kepadanya. Mendekati siswa ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti berjalan
kearah siswa,berdiri di samping siswa atau duduk didekatnay.penguatan mendekati siswa ini
dapat berfungsi untuk memperkuat penguatan verbal.
4        Sentuhan/konteks
Penguatan sentuhan ataau konteks ini dapat berupa, menepuk-nepuk bahu, menjabat tangan ,
atau mengangkat tangan siswa hal ini dapat memperkuatPenampilannya. Dalam
menggunakan penguatan ini gurunperlu mempertimbangkan beberapa factor
seperti,umur,jenis kelamin,serta latar belakang kebudayaan siswa
5.   Kegiatan yang menyenangkan
Kegiatan ini juga dapat memperkuat penampilan siswa dan akhirnya penguatan dapat berupa
6.   Symbol atau benda
penguatan yang telah diberikan kepada siswa agar dapat mencapai maksudnya maka guru
perlu memperhatikan cara-cara yang benar.

adapun cara penggunaanya:
a)      kepada pribadi,jelas ditujukan kepada siswa tertentu dengan menyebut namanya dan memandang.
b)      kepada kelompok siswa
penguatan dapat diberikan kepada kelompok siswa, misalkan kelompok yang telah menyelesaikan tugas tersebut.
c)      Penguatan dengan segera
Penguatan ini harus dilakukan dengan segera setelah munculnya tingkah laku atau respon siswa yang diharapkan.
d)     Penguatan penuh
Jika jawaban yang diberikan siswa belum tepat dan hanya sebagian saja yang benar guru baiknya tidak langsung menyalahkan siswa , yang dilakukan guru yang sebenarnya adalah member atau memperbaiki jawaban yang sebenarnya.
e)      Variasi dalam penggunaan
Pada penguatan variasi dalam penggunaan ini dilihat dari dalam penggunaanya atau jenis penguatan tersebut.
      Dalam memberi penguatan dengan cara-cara yang diatas guru harus mengetahui beberapa prinsip menggunakan cara-cara tersebut.
Prinsip penggunaanya:
1.      Bermakna, bahwa cara yang digunakan akan bermakna bila disertai dengan sikap,suara dan mimic guru yang menunjukkan
2.      Antusias.







No comments: