Keterampilan
dalam bertannya
Dalam
meningkatan pembelajaran guru harus mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam
keterampilan bertannya . Guru harus memperhatiakan beberapa aspek yang harus di
perhaitikan dalam keterampilan bertannya. saya melakukan pengamatan di dalam
video guna untuk mengetahui aspek-aspek dalam keterampilan bertannya dan dapat
meningkatkan belajar mengajar di dalam kelas.dan aspek-aspek tersebut adalah
sebagai berikut:
Aspek-aspek
yang diamati
1.
Membuka pelajaran.
·
Ketika guru mememasuki kedalam
ruangan guru mengucapkan salam guna
untuk menarik perhatian siswa dan menandakan bahwa guru sudah masuk.
·
Sebelum pembelajaran dimulai kegiatan berdoa dilakukan untuk membiasakan
peserta didik dekat dengan sang pencipta.
·
Guru memberi pertanya kepada siswa
tentang pelajaran yang akan dibahas dengan melibatkan kehidupan sehari-hari
siswa.
2. Mengexplorasi
dalam Tanya jawab
·
Guru mengajukan pertanyaaan terkait
dengan tema yang akan dipelajari, yaitu dengan cara guru memberikan pertanyan
terhadap siswa kemudian siswa menjawab bertanyaan yang di lontarkan oleh guru
yang bertujun untuk mengfokuskan murid dalam belajar dan mengetahui seberapa
besar murid paham akan pembelajaran yang akan di ajarkan.
·
Guru juga mengaitkan materi pelajaran
dengan pengalaman peserta didik.
3. Menjelaskan.
·
Dalam menjelaskan guru menggunakan media
dan lingkuan sekitar yang berkaitan dengan pembelajaran yang berguna untuk
menarik perhatian siswa dan membuka pemikiran siswa.
·
Guru juga melibatkan peserta didik dalam
pemanfaatan sumber belajar.
·
Guru menumbuhkan partisipasi aktif
peserta didik.
·
Guru memberikan respon positif atas
partisipasi peserta didik.
·
Dalam keterampilan bertannya sangat
bagus bagi guru menggunakn peralatan atau media untuk menarik perhatian siswa,
agar dalam belajar siswa tidak cepat bosan dan mengantuk di dalam kelas.
4. Membagi
kelompok
·
Guna
membagi kelompok untuk mengajarkan kerja sama dan memfokuskan murid
dalam belajar
5. Mengkomunikasikan
·
Beberapa siswa menjelaskan apa yang
telah dikerjakan dan di pahaminya tentang materi yang telah di berikan oleh
guru dengan menjelaskan ke depan kelas agar murid aktif dalam belajar
pembelajaran.
·
Kegiatan mengkomunikasikan hasil
dilakukan untuk melatih keterampilan berkomunikasi dan menumbuhkan rasa percaya
diri siswa.
·
Guru melakukan penilaian peserta didik
dalam melakukan aktivitas individu/kelompok.
6. Menyimpulkan
·
Guru melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·
Guru juga melakukan kegiatan tanya jawab
dalam menyimpulkan materi yang telah di
pelajari agar menandakan bahwa murid menyimak dan paham dalam kegiatan
pembelajaran.
·
Guru melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan tugas sebagai bahan pengayaan.
Kesimpulnnya,
dalam melakukan keterampilan bertannya guru harus berperan aktif dalam
melaksanakan kegiatan keterampilan bertannya, seperti penjelasan di atas
melakukan kegiatan yang menarik perhatian siswa dan melibatkan siswa dalam
pembelajaran yang bertujan untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan aktif dalam
melakukan pembelajaran dan bagus dalam keterampilan bertannya.
Keterampilan memberikan penguatan
Aspek yang diamati
|
Deskripsi Hasil Pengamatan
|
|
A
|
Perangkat
Pelatihan/Pembelajaran
|
|
1. Kurikulum Tingkat
Satuan Pembelajaran (KTSP)
|
·
Tidak terlihat adanya Kurikulum
Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP). Tetapi guru menggunakan kurikulum 2013.
|
|
2. Silabus
|
·
Tidak terlihat adanya Silabus.
|
|
3. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
|
·
Tidak terlihat adanya Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
|
|
B
|
Proses
Pelatihan/Pembelajaran
|
|
1. Membuka pelajaran
|
·
Terlebih
dahulu guru memberi salam pada saat memasuki kelas.
·
Menanyakan
kabar siswa-siswa tersebut.
·
Menanyakan
kehadiran siswa-siswa dikelas tersebut.
·
Kemudian
guru menanyakan kesiapan belajar siswa, seperti : so, have you prepare to
study english today ?.
|
|
2. Penyajian materi
|
·
Sebelum
memasuki pelajaran, guru mengulang kembali materi yang telah dipelajari
sebelum nya.
·
Setelah
selesai guru mulai memasuki topik yang akan dipelajari nya itu.
·
Dalam
penyajian materi guru melakukan atau melaksanakan kegiata-kegiatan sebagai
berikut :
1) Apresiasi
2) Ekplorasi melaluli tanya jawab
3) Penyampaian tujuan pembelajaran.
4) Pembentukan kelompok.
5) Pembagian lembar kerja.
6) Penilaian autentik.
7) Mengamati.
8) Menanya.
9) Mengasosiasi.
10) Mengkomunikasikan.
11) Menyimpulkan materi.
12) Refleksi.
13) Penugasan.
|
|
3. Metode
pembelajaran
|
·
Dalam
proses belajar mengajar guru mengunakan metode diskusi dalam pembalajaran.
Dimana siswa di bagi menjadi beberapa grup kemudian berinteraksi saling
bertukar pendapat, atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan
masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantar mereka.
|
|
4. Penggunaan bahasa
|
·
Selama
melaksanakan proses belajar mengajar guru mengunakan bahasa yang sopan dan
mudah dipahami.
|
|
5. Penggunaan waktu
|
·
Guru
sangat memperhatikan, mengatur dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya
sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sebagai mana
yang diharapkan.
|
|
6. Gerak
|
·
Guru
melakukan gerakan-gerakan tubuh seperti gerakan tangan pada saat memberikan
apresiasi kepada peserta didik selama proses belajar mengajar.
|
|
7. Cara memotivasi
siswa
|
·
Guru
memotivasi siswa dengan cara selalu memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar
pelajaran kepada siswa dan mengapresisasi jawaban-jawaban peserta didik
seperti ; good, great, good job etc, sehingga memotivasi peserta didik untuk
aktif dan ikut berpartisipasi didalam kelas.
|
|
8. Teknik bertanya
|
·
Teknik bertanyanya baik
|
|
9. Teknik penguasaan
kelas
|
·
Teknik penguasaan kelasnya baik
|
|
10. Penggunaan media
|
·
Dalam
proses belajar mengajar guru memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia
didalam kelas seperti proyektor, hand out d.l.l.
|
|
11. Bentuk dan cara
evaluasi
|
·
Bentuk dan cara evaluasi baik
|
|
12. Menutup pelajaran
|
·
Sebelum
menutup pelajaran guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan cara
mengajukan pernyataan kepada para siswa tersebut tentang kesimpulan pelajaran
hari itu.
·
Setelah
beberapa siswa menjawab pertanyaan atau mengajukan pendapat nya barulah guru
menyimpulkan keseluruhan jawaban dan meteri hari itu.
|
|
C
|
Perilaku
Peserta Pelatihan (Diklat)
|
|
1. Perilaku siswa di dalam kelas
|
·
Sikap
siswa selama proses balajar sangat baik, sopan, menghormati guru yang sedang
mengajar, memperhatikan guru ketika menjelaskan pelajaran dan menghargai
pendapat teman-teman nya.
|
|
2. Perilaku siswa di luar kelas
|
·
Tidak terlihat adanya Perilaku siswa di luar kelas.
|
No
|
Aspek yang diamati
|
Deskripsi
Hasil Pengamatan
|
1
|
Kondisi fisik
sekolah
|
·
Untuk kondisi ruangan kelas
tersebut cukup bagus
|
2
|
Potensi siswa
|
·
Siswa memiliki potensi yang
sangat baik, itu terlihat pada saat proses belajar mengajar. Siswa mampu
mengikuti pelajaran dengan baik.
|
3
|
Potensi guru
|
·
Guru memiliki potensi yang sangat
baik itu ditunjukan dengan kemampunya dalam menguasai materi, mentrasferkan
ilmu nya kepada peserta diidk dan kemampuanya mengelola kelas yang kondusif.
|
4
|
Potensi karyawan
|
·
Tidak terlihat adanya Potensi
karyawan
|
5
|
Fasilitas KBM, media
|
·
Fasilitas yang tersedia untuk
proses belajar mengajar sudah sangat terpenuhi, seperti ; papan tulis, meja
kursi, proyektor, ruangan kelas yang kondusif dan lain-lain.
|
6
|
Perpustakaan
|
·
Fasilitas KBM, media cukup
memadai
|
7
|
Laboratorium
|
·
Tidak terlihat adanya
Perpustakaan
|
8
|
Bimbingan konseling
|
·
Tidak terlihat adanya
Laboratorium
|
9
|
Bimbingan belajar
|
·
Tidak terlihat adanya Bimbingan
konseling
|
10
|
Ekstrakurikuler
(pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
|
·
Tidak terlihat adanya Ekstrakurikuler
(pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
|
11
|
Organisasi dan fasilitas OSIS
|
·
Tidak terlihat adanya Organisasi dan fasilitas OSIS
|
12
|
Organisasi dan fasilitas UKS
|
·
Tidak terlihat adanya organisasi
dan fasilitas UKS.
|
13
|
Administrasi (karyawan, sekolah, dinding)
|
·
Tidak terlihat adanya aktivitas
administrasi ( karyawan, sekolah, dinding)
|
14
|
Karya Tulis Ilmiah Remaja
|
·
Tidak terlihat adanya Karya Tulis Ilmiah Remaja
|
15
|
Karya Ilmiah oleh Guru
|
·
Tidak terlihat adanya Karya Ilmiah oleh Guru
|
16
|
Koperasi siswa
|
·
Tidak terlihat adanya Koperasi siswa
|
17
|
Tempat ibadah
|
·
Tidak terlihat adanya Tempat ibadah
|
18
|
Kesehatan lingkungan
|
·
Tidak terlihat adanya Kesehatan lingkungan
|
19
|
Lain-lain ……………………...
|
|
No
|
Aspek yang diamati
|
Deskripsi Hasil
Pengamatan
|
1.
|
Observasi fisik :
|
|
a. Keadaan lokasi
|
·
Keadaan lokasi baik.
|
|
b. Keadaan gedung
|
·
Keadaan gedung baik.
|
|
c. Keadaan sarana/prasarana
|
·
Keadaan sarana/prasarana baik.
|
|
d. Keadaan personalia
|
·
Tidak terlihat adanya Keadaan
personalia.
|
|
e. Keadaan fisik lain (penunjang)
|
·
Tidak terlihat adanya Keadaan
fisik lain (penunjang)
|
|
f. Penataan ruang kerja
|
·
Tidak terlihat adanya Penataan
ruang kerja
|
|
g. Aspek lain …..
|
||
2.
|
Observasi tata
kerja :
|
|
a. Struktur organisasi tata kerja
|
·
Tidak terlihat adanya Struktur organisasi tata kerja
|
|
b. Program kerja lembaga
|
·
Tidak terlihat adanya Program
kerja lembaga
|
|
c. Pelaksanaan kerja
|
·
Tidak terlihat adanya Pelaksanaan
kerja
|
|
d. Iklim kerja antar personalia
|
·
Tidak terlihat adanya Iklim kerja
antar personalia
|
|
e. Evaluasi program kerja
|
·
Tidak terlihat adanya Evaluasi
program kerja
|
|
f. Hasil yang dicapai
|
·
Hasil yang dicapai cukup baik
|
|
g. Program pengembangan
|
·
Tidak terlihat adanya Program
pengembangan
|
|
h. Aspek lain …..
|
·
Tidak terlihat adanya Aspek lain
|
Kesimpulan :
Pada keterampilan memberikan penguatan selama proses belajar
mengajar guru melakukan nya dengan cara memberikn apresiasi kepada seriap siswa
yang telah berpartisipasi dalam proses belajar seperti : pada saat murid
memngajukan pendapat nya atau menjawab pertanyaan yang di berikan, guru selalu
memujinya dengan kata “good”, “excellent”, “great”. Bahkan jika jawaban yang
diberikan itu kurang tepat guru tersebut tidak mencelanya atau pun memarahinya,
guru hanya menjawab dengan kata “good” dan menanyakan pendapat murid-murid yang
lain.
Keterampilan
Melakukan Variasi
No
|
Aspek yang diamati
|
Deskripsi
Hasil Pengamatan
|
A
|
Perangkat Pelatihan/Pembelajaran
|
|
1.
Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)
|
Tidak
terlihat adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran
(KTSP)
|
|
2.
Silabus
|
Tidak
terlihat adanya Silabus
|
|
3.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
|
Tidak
terlihat adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP).
|
|
B
|
Proses Pelatihan/Pembelajaran
|
|
1. Membuka pelajaran
|
·
Terlebih dahulu guru memberi salam pada saat memasuki kelas.
·
Kemudian siswa berdoa.
·
Menanyakan kabar siswa-siswa tersebut.
·
Menanyakan kehadiran siswa-siswa dikelas tersebut.
·
Kemudian guru menanyakan kesiapan belajar siswa
|
|
2. Penyajian materi
|
·
Sebelum memasuki pelajaran, guru mengulang kembali materi yang telah
dipelajari sebelum nya.
·
Setelah selesai guru mulai memasuki topik yang akan dipelajari nya itu.
·
Dalam penyajian materi guru melakukan atau melaksanakan kegiata-kegiatan
sebagai berikut :
14) Apresiasi
15) Ekplorasi melaluli tanya jawab
16) Penyampaian tujuan
pembelajaran.
17) Pembentukan kelompok.
18) Pembagian lembar kerja.
19) Penilaian autentik.
20) Mengamati.
21) Menanya.
22) Mengasosiasi.
23) Mengkomunikasikan.
24) Menyimpulkan materi.
25) Refleksi.
26) Penugasan.
|
|
3. Metode pembelajaran
|
Metode pembelajarannya baik. Dalam proses belajar mengajar
guru mengunakan metode diskusi dalam pembalajaran. Dimana siswa di bagi
menjadi beberapa grup kemudian berinteraksi saling bertukar pendapat, atau
saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan
kesepakatan diantar mereka.
|
|
4. Penggunaan bahasa
|
Penggunaan bahasanya baik. Selama melaksanakan proses belajar mengajar guru mengunakan bahasa yang
sopan dan mudah dipahami.
|
|
5. Penggunaan waktu
|
Penggunaan waktunya baik
|
|
6. Gerak
|
Geraknya cukup baik. Guru melakukan gerakan-gerakan
tubuh seperti gerakan tangan pada saat memberikan apresiasi kepada peserta
didik selama proses belajar mengajar.
|
|
7. Cara memotivasi siswa
|
Cara memotivasi siswanya cukup baik
|
|
8. Teknik bertanya
|
Teknik bertanyanya baik
|
|
9. Teknik penguasaan kelas
|
Teknik penguasaan kelasnya baik
|
|
10. Penggunaan media
|
Penggunaan medianya cukup baik. Dalam proses belajar mengajar
guru memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia didalam kelas seperti
proyektor, power point, dll
|
|
11. Bentuk dan cara evaluasi
|
Bentuk dan cara evaluasi baik
|
|
12. Menutup pelajaran
|
Menutup pelajaran baiks
|
|
C
|
Perilaku Peserta Pelatihan (Diklat)
|
|
1. Perilaku
siswa di dalam kelas
|
Perilaku
siswa di dalam ruangan cukup
kondusif
|
|
2. Perilaku
siswa di luar kelas
|
Tidak
terlihat adanya Perilaku
siswa di luar kelas
|
Kondisi Lembaga
No
|
Aspek yang diamati
|
Deskripsi
Hasil Pengamatan
|
1.
|
Observasi
fisik :
|
|
a.
Keadaan lokasi
|
Keadaan lokasi
|
|
b.
Keadaan gedung
|
Keadaan gedung
|
|
c.
Keadaan sarana/prasarana
|
Keadaan sarana/prasarana
|
|
d.
Keadaan personalia
|
Tidak
terlihat adanya Keadaan personalia
|
|
e.
Keadaan fisik lain (penunjang)
|
Tidak
terlihat adanya Keadaan fisik lain (penunjang)
|
|
f.
Penataan ruang kerja
|
Tidak
terlihat adanya Penataan ruang kerja
|
|
g.
Aspek lain …..
|
||
2.
|
Observasi
tata kerja :
|
|
a. Struktur organisasi tata kerja
|
Tidak
terlihat adanya Struktur
organisasi tata kerja
|
|
b.
Program kerja lembaga
|
Tidak
terlihat adanya Program kerja lembaga
|
|
c.
Pelaksanaan kerja
|
Tidak terlihat adanya Pelaksanaan
kerja
|
|
d.
Iklim kerja antar personalia
|
Tidak terlihat adanya Iklim kerja
antar personalia
|
|
e.
Evaluasi program kerja
|
Tidak terlihat adanya Evaluasi
program kerja
|
|
f.
Hasil yang dicapai
|
Hasil
yang dicapai cukup baik
|
|
g.
Program pengembangan
|
Tidak terlihat adanya Program
pengembangan
|
|
h.
Aspek lain …..
|
Tidak terlihat adanya Aspek lain
|
No
|
Aspek yang diamati
|
Deskripsi Hasil Pengamatan
|
1
|
Kondisi fisik sekolah
|
Untuk kondisi ruangan kelas tersebut cukup bagus
|
2
|
Potensi
siswa
|
Potensi siswa baik, Siswa memiliki potensi yang sangat baik, itu terlihat
pada saat proses belajar mengajar. Siswa mampu mengikuti pelajaran dengan
baik.
|
3
|
Potensi
guru
|
Potensi
guru baik,
Guru memiliki potensi yang sangat baik itu ditunjukan dengan kemampunya
dalam menguasai materi, mentrasferkan ilmu nya kepada peserta diidk dan
kemampuanya mengelola kelas yang kondusif.
|
4
|
Potensi
karyawan
|
Tidak terlihat adanya Potensi
karyawan
|
5
|
Fasilitas
KBM, media
|
Fasilitas
KBM, media cukup memadai
|
6
|
Perpustakaan
|
Tidak terlihat adanya Perpustakaan
|
7
|
Laboratorium
|
Tidak terlihat adanya Laboratorium
|
8
|
Bimbingan
konseling
|
Tidak terlihat adanya Bimbingan
konseling
|
9
|
Bimbingan
belajar
|
Tidak terlihat adanya Bimbingan belajar
|
10
|
Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
|
Tidak terlihat adanya Ekstrakurikuler
(pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
|
11
|
Organisasi
dan fasilitas OSIS
|
Tidak terlihat adanya Organisasi dan fasilitas OSIS
|
12
|
Organisasi
dan fasilitas UKS
|
Tidak terlihat adanya Organisasi dan fasilitas UKS
|
13
|
Administrasi
(karyawan, sekolah, dinding)
|
Tidak terlihat adanya Administrasi (karyawan, sekolah, dinding)
|
14
|
Karya
Tulis Ilmiah Remaja
|
Tidak terlihat adanya Karya Tulis Ilmiah Remaja
|
15
|
Karya
Ilmiah oleh Guru
|
Tidak terlihat adanya Karya Ilmiah oleh Guru
|
16
|
Koperasi
siswa
|
Tidak terlihat adanya Koperasi siswa
|
17
|
Tempat
ibadah
|
Tidak terlihat adanya Tempat ibadah
|
18
|
Kesehatan
lingkungan
|
Tidak terlihat adanya Kesehatan lingkungan
|
19
|
Lain-lain
……………………...
|
Kesimpulan :
Pada keterampilan melakukan variasi, selama proses belajar
mengajar guru melakukan nya dengan sangat baik. Guru tersebut menggunakan media
power point dalam proses belajar mengajar sehingga pembelajaran yang tercipta
adalah pembelajaran yang aktif dan menyampaikan. Selain itu, guru tersebut juga
paham terhadap materi yg disampaikan sehingga media tersebut menjadi mudah
disampaikan kepada murid-murid.
Keterampilan Menjelaskan
Sebelum menjelaskan pembelajaran, guru menanyakan
kembali materi pembelajaran minggu kemarin pada siswa (descriptive text ) dan setelah itu guru menjelaskan pokok-pokok
materi hari ini (describe person).
Guru
menunjukkan gambar dan mulai menjelaskan bagian-bagian bentuk sesuai dengan
gambar
1. Facial
shape
Guru
menyebutkan bagian-bagian wajah sesuai gambar yang kemudian diikuti oleh siswa.
2. Skin or complexion
Guru
meminta siswa membaca contoh kalimat yang sesuai dengan gambar pada buku
pelajaran.
3. Eyes
and Nose
Guru
menyebutkan bentuk-bentuk hidung dan mata yang diikuti oleh siswa.
4. lips
Guru
menjelaskan berbagai bentuk bibir kepada siswa.
5. Hair
texture
Guru
meminta siswa untuk membaca buku yang menjelaskan tentang tekstur rambut. Yang
kemudian bertanya bentuk rambut sesuai dengan gambar yang ditunjuk dan kemudian
guru menyebutkan bentuk dari tekstur rambut yang benar dan diikuti oleh siswa.
6. Lots
of Hair
Guru
menyebutkan bagian-bagian rambut dan meminta siswa untuk mengulang sesuai
ucapan guru.
7. Colors
of Hair
Guru
menyebutkan macam-macam nama warna rambut dan bertanya warna rambut selanjutnya
pada siswa.
8. Facial
Hair
Guru
menyebutkan bentuk-bentuk dari kumis atau jenggot dan siswa mengikuti
pengucapannya.
9. Games
Guru
menunjukkan sebuah poster actor dan meminta siswa untuk menceritakan seperti
yang telah dipelajari. Kemudian siswa mulai menyebutkan bagaimana poster actor
tersebut terlihat. bagaimana bentuk wajah, rambut, hidung dan sebagainya.
Kesimpulan :
Dalam kegiatan penjelasan guru menjelaskan materi
dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajarannya, sehingga pembelajaran
berjalan dengan aktif dan siswa mendengarkan dengan cermat sehingga mereka
paham dan mengerti dengan yang disampaikan guru.
Keterampilan Membuka dan Menutup
No
|
Aspek yang diamati
|
Deskripsi
Hasil Pengamatan
|
A
|
Perangkat Pelatihan/Pembelajaran
|
|
1.
Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)
|
Tidak
ada Kurikulum
Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)
|
|
2.
Silabus
|
Tidak ada
Silabus
|
|
3.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
|
Tidak
ada Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
|
|
B
|
Proses Pelatihan/Pembelajaran
|
|
1. Membuka pelajaran
|
·
Terlebih dahulu guru memberi salam pada saat memasuki kelas.
·
Menanyakan kabar siswa-siswa tersebut.
·
Menanyakan kehadiran siswa-siswa dikelas tersebut.
·
Kemudian guru menanyakan kesiapan belajar siswa
|
|
2. Penyajian materi
|
·
Sebelum memasuki pelajaran, guru mengulang kembali materi yang telah
dipelajari sebelum nya.
·
Setelah selesai guru mulai memasuki topik yang akan dipelajari nya itu.
·
Dalam penyajian materi guru melakukan atau melaksanakan kegiata-kegiatan
sebagai berikut :
27) Apresiasi
28) Ekplorasi melaluli tanya jawab
29) Penyampaian tujuan
pembelajaran.
30) Pembentukan kelompok.
31) Pembagian lembar kerja.
32) Penilaian autentik.
33) Mengamati.
34) Menanya.
35) Mengasosiasi.
36) Mengkomunikasikan.
37) Menyimpulkan materi.
38) Refleksi.
39) Penugasan.
|
|
3. Metode pembelajaran
|
Metode pembelajarannya baik. Dalam proses belajar mengajar
guru mengunakan metode diskusi dalam pembalajaran. Dimana siswa di bagi
menjadi beberapa grup kemudian berinteraksi saling bertukar pendapat, atau
saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan
kesepakatan diantar mereka.
|
|
4. Penggunaan bahasa
|
Penggunaan bahasanya baik. Selama melaksanakan proses belajar mengajar guru mengunakan bahasa yang
sopan dan mudah dipahami.
|
|
5. Penggunaan waktu
|
Penggunaan waktunya baik
|
|
6. Gerak
|
Geraknya cukup baik. Guru melakukan gerakan-gerakan
tubuh seperti gerakan tangan pada saat memberikan apresiasi kepada peserta
didik selama proses belajar mengajar.
|
|
7. Cara memotivasi siswa
|
Cara memotivasi siswanya cukup baik
|
|
8. Teknik bertanya
|
Teknik bertanyanya baik
|
|
9. Teknik penguasaan kelas
|
Teknik penguasaan kelasnya baik
|
|
10. Penggunaan media
|
Penggunaan medianya cukup baik. Dalam proses belajar mengajar
guru memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia didalam kelas seperti
proyektor, power point, dll
|
|
11. Bentuk dan cara evaluasi
|
Bentuk dan cara evaluasi baik
|
|
12. Menutup pelajaran
|
Menutup pelajaran baiks
|
|
C
|
Perilaku Peserta Pelatihan (Diklat)
|
|
1. Perilaku
siswa di dalam kelas
|
Perilaku
siswa di dalam ruangan cukup
kondusif
|
|
2. Perilaku
siswa di luar kelas
|
Tidak ada
Perilaku siswa di luar kelas
|
Kondisi
Fisik Sekolah
No
|
Aspek yang diamati
|
Deskripsi Hasil Pengamatan
|
1
|
Kondisi fisik sekolah
|
Untuk kondisi ruangan kelas tersebut cukup bagus
|
2
|
Potensi
siswa
|
Potensi siswa baik, Siswa memiliki potensi yang sangat baik, itu terlihat
pada saat proses belajar mengajar. Siswa mampu mengikuti pelajaran dengan
baik.
|
3
|
Potensi
guru
|
Potensi
guru baik,
Guru memiliki potensi yang sangat baik itu ditunjukan dengan kemampunya
dalam menguasai materi, mentrasferkan ilmu nya kepada peserta diidk dan kemampuanya
mengelola kelas yang kondusif.
|
4
|
Potensi
karyawan
|
Tidak ada Potensi
karyawan
|
5
|
Fasilitas
KBM, media
|
Fasilitas
KBM, media cukup memadai
|
6
|
Perpustakaan
|
Tidak ada Perpustakaan
|
7
|
Laboratorium
|
Tidak adan Laboratorium
|
8
|
Bimbingan
konseling
|
Tidak ada Bimbingan konseling
|
9
|
Bimbingan
belajar
|
Tidak ada Bimbingan belajar
|
10
|
Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
|
Tidak ada Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
|
11
|
Organisasi
dan fasilitas OSIS
|
Tidak ada Organisasi dan fasilitas OSIS
|
12
|
Organisasi
dan fasilitas UKS
|
Tidak ada Organisasi dan fasilitas UKS
|
13
|
Administrasi
(karyawan, sekolah, dinding)
|
Tidak ada Administrasi (karyawan, sekolah, dinding)
|
14
|
Karya
Tulis Ilmiah Remaja
|
Tidak ada Karya Tulis Ilmiah
Remaja
|
15
|
Karya
Ilmiah oleh Guru
|
Tidak ada Karya Ilmiah oleh Guru
|
16
|
Koperasi
siswa
|
Tidak ada
Koperasi
siswa
|
17
|
Tempat
ibadah
|
Tidak ada
Tempat ibadah
|
18
|
Kesehatan
lingkungan
|
Tidak ada
Kesehatan
lingkungan
|
19
|
Lain-lain
……………………...
|
Kondisi Lembaga
No
|
Aspek yang diamati
|
Deskripsi
Hasil Pengamatan
|
1.
|
Observasi
fisik :
|
|
a.
Keadaan lokasi
|
Keadaan lokasi
|
|
b.
Keadaan gedung
|
Keadaan gedung
|
|
c.
Keadaan sarana/prasarana
|
Keadaan sarana/prasarana
|
|
d.
Keadaan personalia
|
Tidak
terlihat adanya Keadaan personalia
|
|
e.
Keadaan fisik lain (penunjang)
|
Tidak
terlihat adanya Keadaan fisik lain (penunjang)
|
|
f.
Penataan ruang kerja
|
Tidak
terlihat adanya Penataan ruang kerja
|
|
g.
Aspek lain …..
|
||
2.
|
Observasi
tata kerja :
|
|
a. Struktur organisasi tata kerja
|
Tidak
terlihat adanya Struktur
organisasi tata kerja
|
|
b.
Program kerja lembaga
|
Tidak
terlihat adanya Program kerja lembaga
|
|
c.
Pelaksanaan kerja
|
Tidak terlihat adanya Pelaksanaan
kerja
|
|
d.
Iklim kerja antar personalia
|
Tidak terlihat adanya Iklim kerja
antar personalia
|
|
e.
Evaluasi program kerja
|
Tidak terlihat adanya Evaluasi
program kerja
|
|
f.
Hasil yang dicapai
|
Hasil
yang dicapai cukup baik
|
|
g.
Program pengembangan
|
Tidak terlihat adanya Program
pengembangan
|
|
h.
Aspek lain …..
|
Tidak terlihat adanya Aspek lain
|
Keterampilan Membimbin Diskusi Kelompok Kecil
This video explains how to teach small groups and individuals. In the beginning, the teacher explains the benefits of learning in groups or discussions. This video shows how the activities of group work and problem solving skills required to teach students in the classroom. The activities of these groups discuss issues of living history in the medieval world. Activities, the first teacher ordered students to draw up a table to be face to face. Then, students are asked to discuss discuse about the life of medieval Europe. After that, students were asked to present the results of their discussion in front of the class. After that, the teacher explains aka back or give a conclusion on the issue being discussed.
Conclusion :
Keterampilan Mengelola
Kelas
Dalam meningkatan
pembelajaran maka guru harus mampu mengelola kelas. Guru harus memperhatiakan
beberapa aspek yang harus di perhaitikan dalam mengelola kelas.saya melakukan
pengamatan di dalam video guna untuk mengetahui aspek-aspek dalam mengelola
kelas dan dapat meningkatkan belajar mengajar di dalam kelas.dan aspek-aspek
tersebut adalah sebagai berikut:
Aspek-aspek
yang diamati
1.
Membuka pelajaran.
Ketika guru mememasuki kedalam
ruangan guru mengucapkan salam guna
untuk menarik perhatian siswa dan menandakan bahwa guru sudah masuk.
Guru juga absensi kehadiran siswa guna
untuk mengecek apakah murid mengalami
masalah atau alfa dalam belajar.
2.
Mengexplorasi dalam Tanya jawab
Guru memberikan pertanyan terhadap siswa
kemudian murid menjawab bertanyaan yang di lontarkan oleh guru yang bertujun
untuk mengfokuskan murid dalam belajar dan mengetahui seberapa besar murid
paham akan pembelajaran yang akan di ajarkan.
3. Menjelaskan.
Dalam menjelaskan guru menggunakan media
yang berkaitan dengan pembelajaran yang berguna untuk menarik perhatian siswa
dan membuka pemikitan siswa.dalam mengelola kelas sangat bagus bagi siswa
menggunakn peralatan atau media untuk menarik perhatian siswa,agar dalam
belajar siswa tidak cepat bosan dan mengantuk di dalam local.
4. Membagi
kelompok
Guna
membagi kelompok untuk mengajarkan kerja sama dan memfokuskan murid
dalam belajar
5. Mengkomunikasikan
Beberapa murid menjelaskan apa yang di
pahaminya materi yang telah di berikan ke depan local dan menjelaska agar murid
aktif dalam belajar pembelajaran.
6. Menyipulkan
Setelah melkukan kegiatan pembelajaran murid
menyimpulkan materi yang telah di pelajari agar menandkan bahwa murid menyimak
dalam kegiatan pembelajaran.
Kesimpulnnya,dalam
melakukan pengelolan kelas guru harus berperan dalam melaksanakanya, seperti
penjelasan di atas melakukan kegiatan yang menararik perhatian siswa dan
melibatkan siswa dalam pembelajaran yang bertujan untuk meningkatkan
pengetahuan siswa dan aktif dalam melakukan pembelajaran dan bagus dalam
mengelola kelas.
No comments:
Post a Comment