Thursday, March 3, 2016

laporan kelompok Desi Kurniwati, Elsi Rifiani, Emawati, Hamidah Rahmi, Martina,Neneng Yeni, Uci Ratna Ningrum, Yulandari 6 B

Keterampilan dalam bertannya
Dalam meningkatan pembelajaran guru harus mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam keterampilan bertannya . Guru harus memperhatiakan beberapa aspek yang harus di perhaitikan dalam keterampilan bertannya. saya melakukan pengamatan di dalam video guna untuk mengetahui aspek-aspek dalam keterampilan bertannya dan dapat meningkatkan belajar mengajar di dalam kelas.dan aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut:
Aspek-aspek yang diamati
1.     Membuka pelajaran.
·        Ketika guru mememasuki kedalam ruangan  guru mengucapkan salam guna untuk menarik perhatian siswa dan menandakan bahwa guru sudah masuk.
·        Sebelum pembelajaran dimulai  kegiatan berdoa dilakukan untuk membiasakan peserta didik dekat dengan sang pencipta.
·        Guru memberi pertanya kepada siswa tentang pelajaran yang akan dibahas dengan melibatkan kehidupan sehari-hari siswa.
2.     Mengexplorasi dalam Tanya jawab
·        Guru mengajukan pertanyaaan terkait dengan tema yang akan dipelajari, yaitu dengan cara guru memberikan pertanyan terhadap siswa kemudian siswa menjawab bertanyaan yang di lontarkan oleh guru yang bertujun untuk mengfokuskan murid dalam belajar dan mengetahui seberapa besar murid paham akan pembelajaran yang akan di ajarkan.
·        Guru juga mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman peserta didik.
3.     Menjelaskan.
·        Dalam menjelaskan guru menggunakan media dan lingkuan sekitar yang berkaitan dengan pembelajaran yang berguna untuk menarik perhatian siswa dan membuka pemikiran siswa.
·         Guru juga melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar.
·        Guru menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik.
·        Guru memberikan respon positif atas partisipasi peserta didik.
·        Dalam keterampilan bertannya sangat bagus bagi guru menggunakn peralatan atau media untuk menarik perhatian siswa, agar dalam belajar siswa tidak cepat bosan dan mengantuk di dalam kelas.
4.     Membagi kelompok
·        Guna  membagi kelompok untuk mengajarkan kerja sama dan memfokuskan murid dalam belajar
5.     Mengkomunikasikan
·        Beberapa siswa menjelaskan apa yang telah dikerjakan dan di pahaminya tentang materi yang telah di berikan oleh guru dengan menjelaskan ke depan kelas agar murid aktif dalam belajar pembelajaran.
·        Kegiatan mengkomunikasikan hasil dilakukan untuk melatih keterampilan berkomunikasi dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa.
·        Guru melakukan penilaian peserta didik dalam melakukan aktivitas individu/kelompok.
6.     Menyimpulkan
·        Guru melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·        Guru juga melakukan kegiatan tanya jawab dalam  menyimpulkan materi yang telah di pelajari agar menandakan bahwa murid menyimak dan paham dalam kegiatan pembelajaran.
·        Guru melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan tugas sebagai bahan pengayaan.
Kesimpulnnya, dalam melakukan keterampilan bertannya guru harus berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan keterampilan bertannya, seperti penjelasan di atas melakukan kegiatan yang menarik perhatian siswa dan melibatkan siswa dalam pembelajaran yang bertujan untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan aktif dalam melakukan pembelajaran dan bagus dalam keterampilan bertannya.

Keterampilan memberikan penguatan

Aspek yang diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
A
Perangkat Pelatihan/Pembelajaran
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)
·            Tidak terlihat adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP). Tetapi guru menggunakan kurikulum 2013.
2. Silabus
·            Tidak terlihat adanya Silabus.
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
·            Tidak terlihat adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
B
Proses Pelatihan/Pembelajaran
1. Membuka pelajaran
·         Terlebih dahulu guru memberi salam pada saat memasuki kelas.
·         Menanyakan kabar siswa-siswa tersebut.
·         Menanyakan kehadiran siswa-siswa dikelas tersebut.
·         Kemudian guru menanyakan kesiapan belajar siswa, seperti : so, have you prepare to study english today ?.

2. Penyajian materi
·         Sebelum memasuki pelajaran, guru mengulang kembali materi yang telah dipelajari sebelum nya.
·         Setelah selesai guru mulai memasuki topik yang akan dipelajari nya itu.
·         Dalam penyajian materi guru melakukan atau melaksanakan kegiata-kegiatan sebagai berikut :
1)      Apresiasi
2)      Ekplorasi melaluli tanya jawab
3)      Penyampaian tujuan pembelajaran.
4)      Pembentukan kelompok.
5)      Pembagian lembar kerja.
6)      Penilaian autentik.
7)      Mengamati.
8)      Menanya.
9)      Mengasosiasi.
10)  Mengkomunikasikan.
11)  Menyimpulkan materi.
12)  Refleksi.
13)  Penugasan.
3. Metode pembelajaran
·         Dalam proses belajar mengajar guru mengunakan metode diskusi dalam pembalajaran. Dimana siswa di bagi menjadi beberapa grup kemudian berinteraksi saling bertukar pendapat, atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantar mereka.
4. Penggunaan bahasa
·         Selama melaksanakan proses belajar mengajar guru mengunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami. 
5. Penggunaan waktu
·        Guru sangat memperhatikan, mengatur dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sebagai mana yang diharapkan.
6. Gerak
·         Guru melakukan gerakan-gerakan tubuh seperti gerakan tangan pada saat memberikan apresiasi kepada peserta didik selama proses belajar mengajar.
7. Cara memotivasi siswa
·         Guru memotivasi siswa dengan cara selalu memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar pelajaran kepada siswa dan mengapresisasi jawaban-jawaban peserta didik seperti ; good, great, good job etc, sehingga memotivasi peserta didik untuk aktif dan ikut berpartisipasi didalam kelas.
8. Teknik bertanya
·         Teknik bertanyanya baik
9. Teknik penguasaan kelas
·         Teknik penguasaan kelasnya baik
10. Penggunaan media
·         Dalam proses belajar mengajar guru memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia didalam kelas seperti proyektor, hand out d.l.l.
11. Bentuk dan cara evaluasi
·         Bentuk dan cara evaluasi baik
12. Menutup pelajaran
·         Sebelum menutup pelajaran guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan cara mengajukan pernyataan kepada para siswa tersebut tentang kesimpulan pelajaran hari itu.
·         Setelah beberapa siswa menjawab pertanyaan atau mengajukan pendapat nya barulah guru menyimpulkan keseluruhan jawaban dan meteri hari itu.
C
Perilaku Peserta Pelatihan (Diklat)
1. Perilaku siswa di dalam kelas
·      Sikap siswa selama proses balajar sangat baik, sopan, menghormati guru yang sedang mengajar, memperhatikan guru ketika menjelaskan pelajaran dan menghargai pendapat teman-teman nya.
2. Perilaku siswa di luar kelas
·      Tidak terlihat adanya Perilaku siswa di luar kelas.
No
Aspek yang diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
1
Kondisi fisik sekolah
·           Untuk kondisi ruangan kelas tersebut cukup bagus
2
Potensi siswa
·           Siswa memiliki potensi yang sangat baik, itu terlihat pada saat proses belajar mengajar. Siswa mampu mengikuti pelajaran dengan baik.
3
Potensi guru
·           Guru memiliki potensi yang sangat baik itu ditunjukan dengan kemampunya dalam menguasai materi, mentrasferkan ilmu nya kepada peserta diidk dan kemampuanya mengelola kelas yang kondusif.
4
Potensi karyawan
·           Tidak terlihat adanya Potensi karyawan
5
Fasilitas KBM, media
·           Fasilitas yang tersedia untuk proses belajar mengajar sudah sangat terpenuhi, seperti ; papan tulis, meja kursi, proyektor, ruangan kelas yang kondusif dan lain-lain.
6
Perpustakaan
·           Fasilitas KBM, media cukup memadai
7
Laboratorium
·           Tidak terlihat adanya Perpustakaan
8
Bimbingan konseling
·           Tidak terlihat adanya Laboratorium
9
Bimbingan belajar
·           Tidak terlihat adanya Bimbingan konseling
10
Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
·           Tidak terlihat adanya  Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
11
Organisasi dan fasilitas OSIS
·           Tidak terlihat adanya  Organisasi dan fasilitas OSIS
12
Organisasi dan fasilitas UKS
·           Tidak terlihat adanya organisasi dan fasilitas UKS.
13
Administrasi (karyawan, sekolah, dinding)
·           Tidak terlihat adanya aktivitas administrasi ( karyawan, sekolah, dinding)
14
Karya Tulis Ilmiah Remaja
·           Tidak terlihat adanya  Karya Tulis Ilmiah Remaja
15
Karya Ilmiah oleh Guru
·           Tidak terlihat adanya  Karya Ilmiah oleh Guru
16
Koperasi siswa
·           Tidak terlihat adanya  Koperasi siswa
17
Tempat ibadah
·           Tidak terlihat adanya  Tempat ibadah
18
Kesehatan lingkungan
·           Tidak terlihat adanya  Kesehatan lingkungan
19
Lain-lain ……………………...
No
Aspek yang diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
1.
Observasi fisik :
a. Keadaan lokasi
·           Keadaan lokasi baik.
b. Keadaan gedung
·           Keadaan gedung baik.
c. Keadaan sarana/prasarana
·           Keadaan sarana/prasarana baik.
d. Keadaan personalia
·           Tidak terlihat adanya Keadaan personalia.
e. Keadaan fisik lain (penunjang)
·           Tidak terlihat adanya Keadaan fisik lain (penunjang)
f. Penataan ruang kerja
·           Tidak terlihat adanya Penataan ruang kerja
g. Aspek lain …..
2.
Observasi tata kerja :
a. Struktur organisasi tata kerja
·         Tidak terlihat adanya Struktur organisasi tata kerja
b. Program kerja lembaga
·         Tidak terlihat adanya Program kerja lembaga
c. Pelaksanaan kerja
·         Tidak terlihat adanya Pelaksanaan kerja
d. Iklim kerja antar personalia
·         Tidak terlihat adanya Iklim kerja antar personalia
e. Evaluasi program kerja
·         Tidak terlihat adanya Evaluasi program kerja
f. Hasil yang dicapai
·         Hasil yang dicapai cukup baik
g. Program pengembangan
·         Tidak terlihat adanya Program pengembangan
h. Aspek lain …..
·         Tidak terlihat adanya Aspek lain



Kesimpulan :
Pada keterampilan memberikan penguatan selama proses belajar mengajar guru melakukan nya dengan cara memberikn apresiasi kepada seriap siswa yang telah berpartisipasi dalam proses belajar seperti : pada saat murid memngajukan pendapat nya atau menjawab pertanyaan yang di berikan, guru selalu memujinya dengan kata “good”, “excellent”, “great”. Bahkan jika jawaban yang diberikan itu kurang tepat guru tersebut tidak mencelanya atau pun memarahinya, guru hanya menjawab dengan kata “good” dan menanyakan pendapat murid-murid yang lain.



Keterampilan Melakukan Variasi

No
Aspek yang diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
A
Perangkat Pelatihan/Pembelajaran
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)
Tidak terlihat adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)
2. Silabus
Tidak terlihat adanya Silabus
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Tidak terlihat adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
B
Proses Pelatihan/Pembelajaran
1. Membuka pelajaran
·         Terlebih dahulu guru memberi salam pada saat memasuki kelas.
·         Kemudian siswa berdoa.
·         Menanyakan kabar siswa-siswa tersebut.
·         Menanyakan kehadiran siswa-siswa dikelas tersebut.
·         Kemudian guru menanyakan kesiapan belajar siswa
2. Penyajian materi
·         Sebelum memasuki pelajaran, guru mengulang kembali materi yang telah dipelajari sebelum nya.
·         Setelah selesai guru mulai memasuki topik yang akan dipelajari nya itu.
·         Dalam penyajian materi guru melakukan atau melaksanakan kegiata-kegiatan sebagai berikut :
14)  Apresiasi
15)  Ekplorasi melaluli tanya jawab
16)  Penyampaian tujuan pembelajaran.
17)  Pembentukan kelompok.
18)  Pembagian lembar kerja.
19)  Penilaian autentik.
20)  Mengamati.
21)  Menanya.
22)  Mengasosiasi.
23)  Mengkomunikasikan.
24)  Menyimpulkan materi.
25)  Refleksi.
26)  Penugasan.
3. Metode pembelajaran
Metode pembelajarannya baik. Dalam proses belajar mengajar guru mengunakan metode diskusi dalam pembalajaran. Dimana siswa di bagi menjadi beberapa grup kemudian berinteraksi saling bertukar pendapat, atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantar mereka.
4. Penggunaan bahasa
Penggunaan bahasanya baik. Selama melaksanakan proses belajar mengajar guru mengunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami. 
5. Penggunaan waktu
Penggunaan waktunya  baik
6. Gerak
Geraknya cukup baik. Guru melakukan gerakan-gerakan tubuh seperti gerakan tangan pada saat memberikan apresiasi kepada peserta didik selama proses belajar mengajar.
7. Cara memotivasi siswa
Cara memotivasi siswanya cukup baik
8. Teknik bertanya
Teknik bertanyanya baik
9. Teknik penguasaan kelas
Teknik penguasaan kelasnya baik
10. Penggunaan media
Penggunaan medianya cukup baik. Dalam proses belajar mengajar guru memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia didalam kelas seperti proyektor, power point, dll
11. Bentuk dan cara evaluasi
Bentuk dan cara evaluasi baik
12. Menutup pelajaran
Menutup pelajaran baiks
C
Perilaku Peserta Pelatihan (Diklat)
1. Perilaku siswa di dalam kelas
Perilaku siswa di dalam ruangan cukup kondusif
2. Perilaku siswa di luar kelas
Tidak terlihat adanya Perilaku siswa di luar kelas












Kondisi Lembaga
No
Aspek yang diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
1.
Observasi fisik :
a. Keadaan lokasi
Keadaan lokasi
b. Keadaan gedung
Keadaan gedung
c. Keadaan sarana/prasarana
Keadaan sarana/prasarana
d. Keadaan personalia
Tidak terlihat adanya Keadaan personalia
e. Keadaan fisik lain (penunjang)
Tidak terlihat adanya Keadaan fisik lain (penunjang)
f. Penataan ruang kerja
Tidak terlihat adanya Penataan ruang kerja
g. Aspek lain …..
2.
Observasi tata kerja :
a. Struktur organisasi tata kerja
Tidak terlihat adanya Struktur organisasi tata kerja
b. Program kerja lembaga
Tidak terlihat adanya Program kerja lembaga
c. Pelaksanaan kerja
Tidak terlihat adanya Pelaksanaan kerja
d. Iklim kerja antar personalia
Tidak terlihat adanya Iklim kerja antar personalia
e. Evaluasi program kerja
Tidak terlihat adanya Evaluasi program kerja
f. Hasil yang dicapai
Hasil yang dicapai cukup baik
g. Program pengembangan
Tidak terlihat adanya Program pengembangan
h. Aspek lain …..
Tidak terlihat adanya Aspek lain
No
Aspek yang diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
1
Kondisi fisik sekolah
Untuk kondisi ruangan kelas tersebut cukup bagus
2
Potensi siswa
Potensi siswa baik,  Siswa memiliki potensi yang sangat baik, itu terlihat pada saat proses belajar mengajar. Siswa mampu mengikuti pelajaran dengan baik.
3
Potensi guru
Potensi guru baik,  Guru memiliki potensi yang sangat baik itu ditunjukan dengan kemampunya dalam menguasai materi, mentrasferkan ilmu nya kepada peserta diidk dan kemampuanya mengelola kelas yang kondusif.
4
Potensi karyawan
Tidak terlihat adanya Potensi karyawan
5
Fasilitas KBM, media
Fasilitas KBM, media cukup memadai
6
Perpustakaan
Tidak terlihat adanya Perpustakaan
7
Laboratorium
Tidak terlihat adanya Laboratorium
8
Bimbingan konseling
Tidak terlihat adanya Bimbingan konseling
9
Bimbingan belajar
Tidak terlihat adanya  Bimbingan belajar
10
Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
Tidak terlihat adanya  Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
11
Organisasi dan fasilitas OSIS
Tidak terlihat adanya  Organisasi dan fasilitas OSIS
12
Organisasi dan fasilitas UKS
Tidak terlihat adanya  Organisasi dan fasilitas UKS
13
Administrasi (karyawan, sekolah, dinding)
Tidak terlihat adanya  Administrasi (karyawan, sekolah, dinding)
14
Karya Tulis Ilmiah Remaja
Tidak terlihat adanya  Karya Tulis Ilmiah Remaja
15
Karya Ilmiah oleh Guru
Tidak terlihat adanya  Karya Ilmiah oleh Guru
16
Koperasi siswa
Tidak terlihat adanya  Koperasi siswa
17
Tempat ibadah
Tidak terlihat adanya  Tempat ibadah
18
Kesehatan lingkungan
Tidak terlihat adanya  Kesehatan lingkungan
19
Lain-lain ……………………...

Kesimpulan :
Pada keterampilan melakukan variasi, selama proses belajar mengajar guru melakukan nya dengan sangat baik. Guru tersebut menggunakan media power point dalam proses belajar mengajar sehingga pembelajaran yang tercipta adalah pembelajaran yang aktif dan menyampaikan. Selain itu, guru tersebut juga paham terhadap materi yg disampaikan sehingga media tersebut menjadi mudah disampaikan kepada murid-murid.








Keterampilan Menjelaskan
Sebelum menjelaskan pembelajaran, guru menanyakan kembali materi pembelajaran minggu kemarin pada siswa (descriptive text )  dan setelah itu guru menjelaskan pokok-pokok materi hari ini (describe person).
            Guru menunjukkan gambar dan mulai menjelaskan bagian-bagian bentuk sesuai dengan gambar
1.      Facial shape 
Guru menyebutkan bagian-bagian wajah sesuai gambar yang kemudian diikuti oleh siswa.
2.      Skin  or complexion
Guru meminta siswa membaca contoh kalimat yang sesuai dengan gambar pada buku pelajaran.
3.      Eyes and Nose
Guru menyebutkan bentuk-bentuk hidung dan mata yang diikuti oleh siswa.
4.      lips  
Guru menjelaskan berbagai bentuk bibir kepada siswa.
5.      Hair texture
Guru meminta siswa untuk membaca buku yang menjelaskan tentang tekstur rambut. Yang kemudian bertanya bentuk rambut sesuai dengan gambar yang ditunjuk dan kemudian guru menyebutkan bentuk dari tekstur rambut yang benar dan diikuti oleh siswa.
6.      Lots of Hair
Guru menyebutkan bagian-bagian rambut dan meminta siswa untuk mengulang sesuai ucapan guru.
7.      Colors of Hair
Guru menyebutkan macam-macam nama warna rambut dan bertanya warna rambut selanjutnya pada siswa.
8.      Facial Hair
Guru menyebutkan bentuk-bentuk dari kumis atau jenggot dan siswa mengikuti pengucapannya.
9.      Games
Guru menunjukkan sebuah poster actor dan meminta siswa untuk menceritakan seperti yang telah dipelajari. Kemudian siswa mulai menyebutkan bagaimana poster actor tersebut terlihat. bagaimana bentuk wajah, rambut, hidung dan sebagainya.

Kesimpulan :
Dalam kegiatan penjelasan guru menjelaskan materi dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajarannya, sehingga pembelajaran berjalan dengan aktif dan siswa mendengarkan dengan cermat sehingga mereka paham dan mengerti dengan yang disampaikan guru.


Keterampilan Membuka dan Menutup

No
Aspek yang diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
A
Perangkat Pelatihan/Pembelajaran
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)
Tidak ada Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)
2. Silabus
Tidak ada Silabus
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Tidak ada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
B
Proses Pelatihan/Pembelajaran
1. Membuka pelajaran
·         Terlebih dahulu guru memberi salam pada saat memasuki kelas.
·         Menanyakan kabar siswa-siswa tersebut.
·         Menanyakan kehadiran siswa-siswa dikelas tersebut.
·         Kemudian guru menanyakan kesiapan belajar siswa
2. Penyajian materi
·         Sebelum memasuki pelajaran, guru mengulang kembali materi yang telah dipelajari sebelum nya.
·         Setelah selesai guru mulai memasuki topik yang akan dipelajari nya itu.
·         Dalam penyajian materi guru melakukan atau melaksanakan kegiata-kegiatan sebagai berikut :
27)  Apresiasi
28)  Ekplorasi melaluli tanya jawab
29)  Penyampaian tujuan pembelajaran.
30)  Pembentukan kelompok.
31)  Pembagian lembar kerja.
32)  Penilaian autentik.
33)  Mengamati.
34)  Menanya.
35)  Mengasosiasi.
36)  Mengkomunikasikan.
37)  Menyimpulkan materi.
38)  Refleksi.
39)  Penugasan.
3. Metode pembelajaran
Metode pembelajarannya baik. Dalam proses belajar mengajar guru mengunakan metode diskusi dalam pembalajaran. Dimana siswa di bagi menjadi beberapa grup kemudian berinteraksi saling bertukar pendapat, atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantar mereka.
4. Penggunaan bahasa
Penggunaan bahasanya baik. Selama melaksanakan proses belajar mengajar guru mengunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami. 
5. Penggunaan waktu
Penggunaan waktunya  baik
6. Gerak
Geraknya cukup baik. Guru melakukan gerakan-gerakan tubuh seperti gerakan tangan pada saat memberikan apresiasi kepada peserta didik selama proses belajar mengajar.
7. Cara memotivasi siswa
Cara memotivasi siswanya cukup baik
8. Teknik bertanya
Teknik bertanyanya baik
9. Teknik penguasaan kelas
Teknik penguasaan kelasnya baik
10. Penggunaan media
Penggunaan medianya cukup baik. Dalam proses belajar mengajar guru memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia didalam kelas seperti proyektor, power point, dll
11. Bentuk dan cara evaluasi
Bentuk dan cara evaluasi baik
12. Menutup pelajaran
Menutup pelajaran baiks
C
Perilaku Peserta Pelatihan (Diklat)
1. Perilaku siswa di dalam kelas
Perilaku siswa di dalam ruangan cukup kondusif
2. Perilaku siswa di luar kelas
Tidak ada Perilaku siswa di luar kelas












Kondisi Fisik Sekolah
No
Aspek yang diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
1
Kondisi fisik sekolah
Untuk kondisi ruangan kelas tersebut cukup bagus
2
Potensi siswa
Potensi siswa baik,  Siswa memiliki potensi yang sangat baik, itu terlihat pada saat proses belajar mengajar. Siswa mampu mengikuti pelajaran dengan baik.
3
Potensi guru
Potensi guru baik,  Guru memiliki potensi yang sangat baik itu ditunjukan dengan kemampunya dalam menguasai materi, mentrasferkan ilmu nya kepada peserta diidk dan kemampuanya mengelola kelas yang kondusif.
4
Potensi karyawan
Tidak ada  Potensi karyawan
5
Fasilitas KBM, media
Fasilitas KBM, media cukup memadai
6
Perpustakaan
Tidak ada Perpustakaan
7
Laboratorium
Tidak adan Laboratorium
8
Bimbingan konseling
Tidak ada  Bimbingan konseling
9
Bimbingan belajar
Tidak ada  Bimbingan belajar
10
Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
Tidak ada Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
11
Organisasi dan fasilitas OSIS
Tidak ada  Organisasi dan fasilitas OSIS
12
Organisasi dan fasilitas UKS
Tidak ada  Organisasi dan fasilitas UKS
13
Administrasi (karyawan, sekolah, dinding)
Tidak ada  Administrasi (karyawan, sekolah, dinding)
14
Karya Tulis Ilmiah Remaja
Tidak ada Karya Tulis Ilmiah Remaja
15
Karya Ilmiah oleh Guru
Tidak ada  Karya Ilmiah oleh Guru
16
Koperasi siswa
Tidak  ada Koperasi siswa
17
Tempat ibadah
Tidak  ada  Tempat ibadah
18
Kesehatan lingkungan
Tidak  ada Kesehatan lingkungan
19
Lain-lain ……………………...


Kondisi Lembaga
No
Aspek yang diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
1.
Observasi fisik :
a. Keadaan lokasi
Keadaan lokasi
b. Keadaan gedung
Keadaan gedung
c. Keadaan sarana/prasarana
Keadaan sarana/prasarana
d. Keadaan personalia
Tidak terlihat adanya Keadaan personalia
e. Keadaan fisik lain (penunjang)
Tidak terlihat adanya Keadaan fisik lain (penunjang)
f. Penataan ruang kerja
Tidak terlihat adanya Penataan ruang kerja
g. Aspek lain …..
2.
Observasi tata kerja :
a. Struktur organisasi tata kerja
Tidak terlihat adanya Struktur organisasi tata kerja
b. Program kerja lembaga
Tidak terlihat adanya Program kerja lembaga
c. Pelaksanaan kerja
Tidak terlihat adanya Pelaksanaan kerja
d. Iklim kerja antar personalia
Tidak terlihat adanya Iklim kerja antar personalia
e. Evaluasi program kerja
Tidak terlihat adanya Evaluasi program kerja
f. Hasil yang dicapai
Hasil yang dicapai cukup baik
g. Program pengembangan
Tidak terlihat adanya Program pengembangan
h. Aspek lain …..
Tidak terlihat adanya Aspek lain




Keterampilan Membimbin Diskusi Kelompok Kecil

This video explains how to teach small groups and individuals. In the beginning, the teacher explains the benefits of learning in groups or discussions. This video shows how the activities of group work and problem solving skills required to teach students in the classroom. The activities of these groups discuss issues of living history in the medieval world. Activities, the first teacher ordered students to draw up a table to be face to face. Then, students are asked to discuss discuse about the life of medieval Europe. After that, students were asked to present the results of their discussion in front of the class. After that, the teacher explains aka back or give a conclusion on the issue being discussed.
Conclusion :








Keterampilan Mengelola Kelas
Dalam meningkatan pembelajaran maka guru harus mampu mengelola kelas. Guru harus memperhatiakan beberapa aspek yang harus di perhaitikan dalam mengelola kelas.saya melakukan pengamatan di dalam video guna untuk mengetahui aspek-aspek dalam mengelola kelas dan dapat meningkatkan belajar mengajar di dalam kelas.dan aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut:
Aspek-aspek yang diamati
1.     Membuka pelajaran.
Ketika guru mememasuki kedalam ruangan  guru mengucapkan salam guna untuk menarik perhatian siswa dan menandakan bahwa guru sudah masuk. 
Guru juga absensi kehadiran siswa guna untuk mengecek apakah murid  mengalami masalah atau alfa dalam belajar.
2.     Mengexplorasi dalam Tanya jawab
Guru memberikan pertanyan terhadap siswa kemudian murid menjawab bertanyaan yang di lontarkan oleh guru yang bertujun untuk mengfokuskan murid dalam belajar dan mengetahui seberapa besar murid paham akan pembelajaran yang akan di ajarkan.
3.     Menjelaskan.
Dalam menjelaskan guru menggunakan media yang berkaitan dengan pembelajaran yang berguna untuk menarik perhatian siswa dan membuka pemikitan siswa.dalam mengelola kelas sangat bagus bagi siswa menggunakn peralatan atau media untuk menarik perhatian siswa,agar dalam belajar siswa tidak cepat bosan dan mengantuk di dalam local.
4.     Membagi kelompok
Guna  membagi kelompok untuk mengajarkan kerja sama dan memfokuskan murid dalam belajar
5.     Mengkomunikasikan
Beberapa murid menjelaskan apa yang di pahaminya materi yang telah di berikan ke depan local dan menjelaska agar murid aktif dalam belajar pembelajaran.
6.     Menyipulkan
Setelah melkukan kegiatan pembelajaran murid menyimpulkan materi yang telah di pelajari agar menandkan bahwa murid menyimak dalam kegiatan pembelajaran.

Kesimpulnnya,dalam melakukan pengelolan kelas guru harus berperan dalam melaksanakanya, seperti penjelasan di atas melakukan kegiatan yang menararik perhatian siswa dan melibatkan siswa dalam pembelajaran yang bertujan untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan aktif dalam melakukan pembelajaran dan bagus dalam mengelola kelas.






No comments: