LAPORAN HASIL OBSERVASI
KETERAMPILAN
MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN
1. Data
dan Instrumen Hasil Observasi
Nama : Yegi Dwi Diana
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/
Semester : VII/ 1(Satu)
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Jumlah
Siswa : 25
Analisis
Keterampilan : Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
2.
Hasil
Analisis Keterampilan Memberikan Penguatan
Dalam
membuka dan menutup pelajaran, guru sudah melakukan dengan baik dan benar .
Adapun urutannya adalah sebagai berikut :
a) Opening
·
Guru membuka pelajaran dimulai dengan
salam dan diiringan dengan berdoa . Setelah itu, guru tersebut memeriksa
kondisi dan kehadiran siswa/i nya.
·
Guru menanyakan kesiapan siswa untuk
memulai pelajaran
·
Guru menyuruh salah satu siswa untuk
memimpin doa
·
Guru mengaitkan materi pelajaran dengan
pengalaman siswa
b) Closing
·
Guru menanyakan siswa tentang judul
materi yang telah dipelajari hari ini.
·
Guru membuat rangkuman dan melibatkan
peserta didik.
·
Guru memberikan tugas untuk siswa.
·
Guru menutup pelajaran dan mengucapkan
salam.
LAPORAN HASIL OBSERVASI
KETERAMPILAN
BERTANYA
3. Data
dan Instrumen Hasil Observasi
Name :
Oktaria
Title : Asking Question
Subjects :
The Number of students : -
Title of skills : Basic Skills of
Questioning and Clarifying in Conseling
4.
Hasil
Analisis Keterampilan Mengelola Kelas
Questions
help the interview in a lot they open areas a discussion assist in pin pointing
issues and they can be used to facilitate they help yourself exploration questions
indicate that a person is interested in you and what you have to say good
questions help people explore themselves and their feelings more deeply. questions
can make a person feel interrogated questions to early can interfere with the
development every pore are can make people put up defenses rather than open up
so this is insane. Talk about some people don't like certain kinds of questions
when in fact the questions they don't like. So they're going to have to have
your own style and this is going to be deferred but there's a lot to learn here
about the question that we're talking about but how about the Bible we're just
not doing as secular class here in counseling and coaching skills. About the
other person open questions encourage talking an exploration now. What is an
open question like one that doesn't ask yes, you're now an open question might
be, how are you guys doing in the class today because you can answer that allow
different ways. When are open questions used to begin the interview where I
usually start my county is all say something like this:
“what can I do to help you?” is that fairly open they can and
sure about anything, can't day help in the interview percent you interviewing to
elaborate on a point, “could you tell me more about that?” illicit examples out
specific behavior,” tell me what that looked like” when you did it how could
you give me a specific example now that problem focus the client's attention
and feelings okay. I understand what happened now how did you feel about that helping
you find client thinking patterns that are not obvious why would a person do
something like that at could questions past control to the client.
LAPORAN HASIL OBSERVASI LAPORAN
HASIL OBSERVASI
KETERAMPILAN
MEMBERI PENGUATAN
5. Data
dan Instrumen Hasil Observasi
Nama :Ratih Novita
Judul
Youtube : Model Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V (SD Kelas 1)
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/
Semester : V/ 1(Satu)
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Jumlah
Siswa : 25
Analisis
Keterampilan : Keterampilan Memberikan Penguatan
6.
Hasil
Analisis Keterampilan Memberikan Penguatan
Guru
memberikan penguatan kepada murid agar dapat mengembangkan kemampuan murid
dalam proses belajar. Guru memberikan pujian kepada siswa yang berupa “bagus
sekali, pintar anak ibu.” Guru membuat
kelompok kecil dan mengarahkan berjalannya diskusi belajar. Dalam membimbing
kelompok guru memberikan stimulus pada siswa sehingga siswa sehingga dapat
berperan aktif dalam proses diskusi tersebut.
KETERAMPILAN
MENGGUNAKAN VARIASI
7. Data
dan Instrumen Hasil Observasi
Nama : Ika Haryanti Retno
Ningsih
Judul
Youtube : Keterampilan
Menggunakan Variasi
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/
Semester : 6
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Jumlah
Siswa : 30
Analisis
Keterampilan : Keterampilan Menggunakan Variasi
8.
Hasil
Analisis Keterampilan Mengelola Kelas
Guru
menggunakan 6 variasi dalam proses belajar-mengajar, yaitu : variasi suara,
kontak pandang, kesenyapan, gerak badan dan mimik, serta perubahan posisi guru.
Guru menggunakan berbagai variasi yang baik, sehingga menciptakan suasana pembelajaran
yang nyaman dan efektif. Siswa pun tidak bosan dalam belajar di kelas.”
LAPORAN HASIL OBSERVASI
KETERAMPILAN
MENJELASKAN
9. Data
dan Instrumen Hasil Observasi
Name : Cindy Wirawan
Judul
Youtube : Skill of
learning
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/
Semester : VII/ 1(Satu)
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Jumlah
Siswa : 35
Analisis
Keterampilan : Keterampilan Menjelaskan
10. Hasil Analisis Keterampilan Menjelaskan
“Guru tersebut
menyajikan materi secara runtut, jelas. Penyajian materi tersebut dimulai
dengan pemberian pertanyaan kepada siswa tentang apakah itu tempat wisata yang
menarik bagi siswa , kemudian menjelaskan dimana tempat wisata tersebut.
Setelah itu, barulah siswa diajarkan untuk mengenal apakah itu descriptive
text. Selain itu, guru tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh
siswa sehingga siswa mudah untuk memahami penjelasan dari sang guru tersebut.”
LAPORAN HASIL OBSERVASI
KETERAMPILAN
MEMIMPIN KELOMPOK KECIL
11. Data
dan Instrumen Hasil Observasi
Name : Martina
Veronika
Judul
Youtube : Model
Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V (SD Kelas 1)
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/
Semester : V/ 1(Satu)
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Jumlah
Siswa : 30
Analisis
Keterampilan : Keterampilan Memimpin kelompok kecil
12. Hasil Analisis Keterampilan
Memimpin Kelompok Kecil
“Guru
dapat memimpin diskusi kelompok kecil
didalam kelas dan dapat mengarahkan berjalannya diskusi belajar. Guru membagi
kelompok keecil berdasarkan kemampuan siwa nya dan dapat mengarahkan siswa
untuk aktif di dalam kelompok kecil untuk berdiskusi menyelesaikan suatu
masalah atau membahas suatu masalah. Dalam membimbing kelompok kecil, guru
memberikan stimulus pada siswa sehingga siswa berperan aktif dalam proses
diskusi kecil tersebut. Didalam kelas, guru dapat memimpin kelompok kecil
dengan rapi dan tidak ribut.”
LAPORAN HASIL OBSERVASI
KETERAMPILAN
MENGELOLA KELAS
13. Data
dan Instrumen Hasil Observasi
Nama : Ratna Dewi
Judul
Youtube : Model
Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas VII (SMP Kelas 1)
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas/
Semester : VII/ 1(Satu)
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Materi
Pelajaran : My Idol
Tema/Topik : What do they look like?
Jumlah
Siswa : 30
Analisis
Keterampilan : Keterampilan Mengelola Kelas
14. Hasil Analisis Keterampilan
Mengelola Kelas
“Guru
dapat menguasai kelas dengan baik dan memberikan stimulus dengan baik, sehingga
siswa dapat memberikan respon yang baik pula. Selain itu, dari penggunaan media
pembelajaran guru tersebut tidak hanya menggunakan media buku sebagai bahan
pelajaran, tetapi guru juga menggunakan gambar atau poster seorang tokoh
terkenal dan menjadi idola bagi para remaja saat ini dengan menempelkannya
didepan papan tulis sehingga itu dapat memfokuskan dan memberikan gambaran yang
nyata terhadap topik yang sedang dipelajari. Guru melakukan kegiatan diskusi
dan diteruskan dengan pemberian tugas berupa presentasi kelompok.”
LAPORAN HASIL OBSERVASI KETERAMPILAN
MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN
INDIVIDU
15. Data
dan Instrumen Hasil Observasi
Nama :
Rahmi Busma
Title : problem solving group
Subjects : history alive the
Mediaeval world
The number of students : 4
Title of skills : the skills to teach
small groups and individuals
16. Hasil Analisis Keterampilan
Mengelola Kelas
This video explains how to teach small groups and individuals. In the beginning, the teacher explains the benefits of learning in groups or discussions. Fucking This shows how the activities of group work and problem solving skills required to teach students in the classroom. The activities of these groups discuss issues of living history in the medieval world. Activities, the first teacher ordered students to draw up a table to be face to face. Then, students are asked to discuss discuse about the life of medieval Europe. After that, students were asked to present the results of their discussion in front of the class. After that, the teacher explains aka back or give a conclusion on the issue being discussed.
6 comments:
Untuk yegi: laporan yg dituliskan yegi sudah bagus. Sangat bermanfaat untuk yg ingin tau cara membuka dan penutup dalam pembelajaran.
Jadi , untuk yang ingin tau cara mengelola kelas , bisa dicoba mempraktikkan dengan melihat video yang okta upload
Thanks for your comment mi .
Untuk martina : menurut saya metode keterampilan memimpin kelompok kecil yg didalam video martina sudah benar dan mudah diterapkan saat mengajar di dalam kelas
Menurut saya keterampilan mengelola kelas yang ditunjukkan dalam Video yang telah di share oleh Ika Haryanti sudah bagus, tapi akan lebih bagus lagi jika keterampilan tersebut di barengi dengan kegiatan yang lebih bisa meningkatkan suasana menarik di dalam kelas.
Post a Comment