NAMA :EMAWATI
KELAS :6B
NPM :136310339
TUGAS :MICRO
TEACHING
JUDUL KETRAMPILAN :KETERAMPILAN BERTANNYA
MATA PELAJARAN :BAHASA INGGRIS
Keterampilan dalam bertannya
Dalam
meningkatan pembelajaran guru harus mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam
keterampilan bertannya . Guru harus memperhatiakan beberapa aspek yang harus di
perhaitikan dalam keterampilan bertannya. saya melakukan pengamatan di dalam
video guna untuk mengetahui aspek-aspek dalam keterampilan bertannya dan dapat
meningkatkan belajar mengajar di dalam kelas.dan aspek-aspek tersebut adalah
sebagai berikut:
Aspek-aspek yang diamati
1.
Membuka pelajaran.
·
Ketika guru mememasuki
kedalam ruangan guru mengucapkan salam
guna untuk menarik perhatian siswa dan menandakan bahwa guru sudah masuk.
·
Sebelum pembelajaran
dimulai kegiatan berdoa dilakukan untuk
membiasakan peserta didik dekat dengan sang pencipta.
·
Guru memberi pertanya
kepada siswa tentang pelajaran yang akan dibahas dengan melibatkan kehidupan
sehari-hari siswa.
2. Mengexplorasi
dalam Tanya jawab
·
Guru mengajukan
pertanyaaan terkait dengan tema yang akan dipelajari, yaitu dengan cara guru
memberikan pertanyan terhadap siswa kemudian siswa menjawab bertanyaan yang di
lontarkan oleh guru yang bertujun untuk mengfokuskan murid dalam belajar dan
mengetahui seberapa besar murid paham akan pembelajaran yang akan di ajarkan.
·
Guru juga mengaitkan
materi pelajaran dengan pengalaman peserta didik.
3. Menjelaskan.
·
Dalam menjelaskan guru
menggunakan media dan lingkuan sekitar yang berkaitan dengan pembelajaran yang
berguna untuk menarik perhatian siswa dan membuka pemikiran siswa.
·
Guru juga melibatkan peserta didik dalam
pemanfaatan sumber belajar.
·
Guru menumbuhkan
partisipasi aktif peserta didik.
·
Guru memberikan respon
positif atas partisipasi peserta didik.
·
Dalam keterampilan
bertannya sangat bagus bagi guru menggunakn peralatan atau media untuk menarik
perhatian siswa, agar dalam belajar siswa tidak cepat bosan dan mengantuk di
dalam kelas.
4. Membagi
kelompok
·
Guna membagi kelompok untuk mengajarkan kerja sama
dan memfokuskan murid dalam belajar
5. Mengkomunikasikan
·
Beberapa siswa
menjelaskan apa yang telah dikerjakan dan di pahaminya tentang materi yang
telah di berikan oleh guru dengan menjelaskan ke depan kelas agar murid aktif
dalam belajar pembelajaran.
·
Kegiatan
mengkomunikasikan hasil dilakukan untuk melatih keterampilan berkomunikasi dan
menumbuhkan rasa percaya diri siswa.
·
Guru melakukan
penilaian peserta didik dalam melakukan aktivitas individu/kelompok.
6. Menyimpulkan
·
Guru melakukan refleksi
atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·
Guru juga melakukan
kegiatan tanya jawab dalam menyimpulkan
materi yang telah di pelajari agar menandakan bahwa murid menyimak dan paham
dalam kegiatan pembelajaran.
·
Guru melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan tugas sebagai bahan pengayaan.
Kesimpulnnya,
dalam melakukan keterampilan bertannya guru harus berperan aktif dalam
melaksanakan kegiatan keterampilan bertannya, seperti penjelasan di atas
melakukan kegiatan yang menarik perhatian siswa dan melibatkan siswa dalam
pembelajaran yang bertujan untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan aktif dalam
melakukan pembelajaran dan bagus dalam keterampilan bertannya.
2 comments:
Terima kasih atas informasi keterampilan menanya yang telah anda berikan. Hasil observasi yang ada berikan sudah jelas dan dapat dipahami.semoga dapat bermanfaat bagi kita semua .
Iyaa uci ratna ningrum terimakasih atas saran dan pendapatnya, semoga dengan laporan saya bisa lebih bermanfaat. Dan meningkat kan kemammpuan saya dalam keterampilan bertanya.
By : EMAWATI
Post a Comment