Friday, February 26, 2016

TUGAS MICRO TEACHING

NAMA                                    :EMAWATI
KELAS                                   :6B
NPM                                       :136310339
TUGAS                                   :MICRO TEACHING
JUDUL KETRAMPILAN     :KETERAMPILAN BERTANNYA
MATA PELAJARAN                        :BAHASA INGGRIS


Keterampilan dalam bertannya
Dalam meningkatan pembelajaran guru harus mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam keterampilan bertannya . Guru harus memperhatiakan beberapa aspek yang harus di perhaitikan dalam keterampilan bertannya. saya melakukan pengamatan di dalam video guna untuk mengetahui aspek-aspek dalam keterampilan bertannya dan dapat meningkatkan belajar mengajar di dalam kelas.dan aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut:
Aspek-aspek yang diamati
1.     Membuka pelajaran.
·        Ketika guru mememasuki kedalam ruangan  guru mengucapkan salam guna untuk menarik perhatian siswa dan menandakan bahwa guru sudah masuk.
·        Sebelum pembelajaran dimulai  kegiatan berdoa dilakukan untuk membiasakan peserta didik dekat dengan sang pencipta.
·        Guru memberi pertanya kepada siswa tentang pelajaran yang akan dibahas dengan melibatkan kehidupan sehari-hari siswa.
2.     Mengexplorasi dalam Tanya jawab
·        Guru mengajukan pertanyaaan terkait dengan tema yang akan dipelajari, yaitu dengan cara guru memberikan pertanyan terhadap siswa kemudian siswa menjawab bertanyaan yang di lontarkan oleh guru yang bertujun untuk mengfokuskan murid dalam belajar dan mengetahui seberapa besar murid paham akan pembelajaran yang akan di ajarkan.
·        Guru juga mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman peserta didik.
3.     Menjelaskan.
·        Dalam menjelaskan guru menggunakan media dan lingkuan sekitar yang berkaitan dengan pembelajaran yang berguna untuk menarik perhatian siswa dan membuka pemikiran siswa.
·         Guru juga melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar.
·        Guru menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik.
·        Guru memberikan respon positif atas partisipasi peserta didik.
·        Dalam keterampilan bertannya sangat bagus bagi guru menggunakn peralatan atau media untuk menarik perhatian siswa, agar dalam belajar siswa tidak cepat bosan dan mengantuk di dalam kelas.
4.     Membagi kelompok
·        Guna  membagi kelompok untuk mengajarkan kerja sama dan memfokuskan murid dalam belajar
5.     Mengkomunikasikan
·        Beberapa siswa menjelaskan apa yang telah dikerjakan dan di pahaminya tentang materi yang telah di berikan oleh guru dengan menjelaskan ke depan kelas agar murid aktif dalam belajar pembelajaran.
·        Kegiatan mengkomunikasikan hasil dilakukan untuk melatih keterampilan berkomunikasi dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa.
·        Guru melakukan penilaian peserta didik dalam melakukan aktivitas individu/kelompok.
6.     Menyimpulkan
·        Guru melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
·        Guru juga melakukan kegiatan tanya jawab dalam  menyimpulkan materi yang telah di pelajari agar menandakan bahwa murid menyimak dan paham dalam kegiatan pembelajaran.
·        Guru melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan tugas sebagai bahan pengayaan.
Kesimpulnnya, dalam melakukan keterampilan bertannya guru harus berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan keterampilan bertannya, seperti penjelasan di atas melakukan kegiatan yang menarik perhatian siswa dan melibatkan siswa dalam pembelajaran yang bertujan untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan aktif dalam melakukan pembelajaran dan bagus dalam keterampilan bertannya.
  





2 comments:

Unknown said...

Terima kasih atas informasi keterampilan menanya yang telah anda berikan. Hasil observasi yang ada berikan sudah jelas dan dapat dipahami.semoga dapat bermanfaat bagi kita semua .

Unknown said...

Iyaa uci ratna ningrum terimakasih atas saran dan pendapatnya, semoga dengan laporan saya bisa lebih bermanfaat. Dan meningkat kan kemammpuan saya dalam keterampilan bertanya.
By : EMAWATI