Monday, February 29, 2016

Laporan Observasi Video KDM Bertanya Ahmad Sanusi 6B

Tugas Individu                                                                                          Dosen pengampu :
Micro Teaching                                                                     Marhamah, S.Pd, M.Ed



LAPORAN OBSERVASI VIDEO KETERAMPILAN BERTANYA
 






DISUSUN OLEH
AHMAD SANUSI
136311036

KELAS 6B

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
JURUSAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
2016

KATA PENGANTAR


            Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin, puji syukur ke hadirat illahi Robbi, atas limpahan karunia dan kuasa-Nya sehingga Laporan Observasi Video Keterampilan Bertanya Dalam Pembelajaran telah dapat diselesaikan.
            Makalah tentang Laporan Observasi Video Keterampilan Bertanya Dalam Pembelajaran ini dibuat sebagai tugas penilain yang diserahkan oleh Dosen Pengampu kepadamahasiswa yang bersangkutan guna untuk memperoleh kriteria dalam penilaian tugas.
            Terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Disadari bahwa makalah ini masih memiliki kekurangan, oleh karena itu diharapkan kritik dan saran dari semua pihak agar tujuan penulisan laporan ini dapat tercapai sesuai dengan harapan. Semoga makalah ini bermanfaat.











Pekanbaru, Februari 2016
Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

 


1.1LATAR BELAKANG

Menurut Richard N. Jensen.(1974) yang dikutip oleh yatiman (1999) dalam Suwarna, M.pd.,dkk(2005:3),pengajaran mikro didefinisikan sebagai suatu sistem yang memungkinkan seorang calon guru mengembangkan keterampilannya dalam menerapkan teknik mengajar tertentu”. Oleh karena itu, pengajaran mikro ini diberikan kepada mahasiswa agar terlatih dalam berbagai keterampilan dasar  keguruan.

Dengan adanya pembelajaran mikro mahasiswa telah terlatih dan memiliki mental yang cukup baik sebelum mereka dihadapkan praktik pembelajaran di sekolah. Hal tersebut akan tercapai, apabila pengajaran mikro dilaksanakan berulang-ulang sehingga calon guru memperoleh kesiapan mental yang baik. Dalam pengajaran mikro terdapat melatih keterampilan mengajar yang diantaranya  keterampilan bertanya dalam pelajaran serta keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.

Dengan keterampilan tersebut dapat membantu guru menyiapkan mental siswa sebelum mengikuti pelajaran dan memicu minat serta pemusatan perhatian siswa yang akan dibicarakan dalam kegiatan pembelajaran.Selain itu dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa melalui dinamika kelompok dan memberikan kesempatan siswa untuk lebih kreatif. Hal tersebut tercakup dalam keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan yang akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.


1.2 TUJUAN PENULISAN

Pembuatan laporan ini bertujuan untuk mengetahui :
1.      Mengetahui bagaimana sistematika pelaksanaan kegiatan keterampilan bertanya dalam pembelajaran
2.      Mengetahui apa-apa saja instrument yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 


Dari hasil observasi mengenai video pelaksanaan kegiatan keterampilan bertanya dalam pembelajaran, penulis menemukan beberapa hal mendasar yang harus terlebih dahulu dapat dipahami oleh guru, terlebih dalam persiapan, kesiapan, baik si tenaga kerja pendidik tersebut, maupun materi, serta instrument yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan keterampilan bertanya dalam pembelajaran.

 

2.1 PERENCANAAN

Dalam perencanaan ada beberapa hal yang harus di pahami oleh si tenaga kerja pendidik terlebih mengenai beberapa hal-hal yang mendasar mengenai :

1.      Tujuan dan prinsip bertanya dalam pembelajaran
2.      Komponen bertanya dalam pembelajaran
3.      Kebiasaan yang harus dihindari oleh guru dalam memberi pertanyaan

A.    TUJUAN  DAN PRINSIP BERTANYA DALAM PELAJARAN

Selaku seorang tenaga kerja pendidik hendaknya terlebih dahulu paham mengenai tujuan serta prinsip dalam kegiatan keterampilan bertanya dalam pelajaran dengan tujuan agar dalam pelaksanaan kegiatannya si tenaga kerja pendidik tersebut tidak lari dalam konteks pembelajaran sebagaimana mestinya demi tercapainya keberhasilan suatu pembelajaran tersebut. Berikut ini beberapa diantaranya tujuan bertanya pelajaran yang harus di pahami oleh si tenaga kerja pendidik:

1.      Menimbulkan motivasi
2.      Membangkitkan rasa ingin tahu
3.      Memusatkan perhatian siswa
4.      Melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir
5.      Mendiagnosis kesulitan belajar
6.      Mengukur tingkat pemahaman siswa
7.      Mengembangkan cara siswa belajar aktif dan produktif



B.     KOMPONEN KETERAMPILAN BERTANYA

Berikut ini merupakan beberapa komponen dalam keterampilan bertanya yang sudah saya lihat dalam video yang penulis telah observasi :
1.      Pemberian acuan
2.      Jelas dan singkat
3.      Pemusatan
4.      Pindah gilir
5.      Penyebaran pertanyaan
6.      Pemberian waktu berpikir
7.      Pemberian tuntunan
8.      Pelacakan
9.      Pengubahan tuntunan tingkat kognitif

C.      KEBIASAAN YANG HARUS DIHINDARI OLEH GURU DALAM MEBERI PERTANYAAN
Agar guru tidak mendapatkan masalah atau kesulitan dalam memberikan keterampilan bertanya kepada siswa, guru harus menghindari beberapa kebiasaan buruk berikut :
1.      Memancing jawaban serentak
2.      Bertanya lansung dan berurutan
3.      Mengulangi jawaban siswa
4.      Mengulangi pertanyaan sendiri
5.      Menyebutkan nama dalam bertanya
6.      Menjawab pertanyaan sendiri
7.      Mengajukan pertanyaan ganda



No comments: