Nama : Neneng Yeni
NPM : 136311119
Kelas : 6B
Tugas : Pengajaran Mikro (Laporan Observasi Video
Youtube Mengenai Video Keterampilan Melakukan Variasi Di Dalam Proses
Pembelajaran)
Laporan Observasi Video Youtube Mengenai Video
Keterampilan Melakukan Variasi Di Dalam Proses Pembelajaran
Proses Pelatihan
No
|
Aspek yang
diamati
|
Deskripsi Hasil Pengamatan
|
A
|
Perangkat
Pelatihan/Pembelajaran
|
|
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)
|
Tidak terlihat adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)
|
|
2. Silabus
|
Tidak terlihat adanya Silabus
|
|
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
|
Tidak terlihat adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
|
|
B
|
Proses
Pelatihan/Pembelajaran
|
|
1. Membuka
pelajaran
|
·
Terlebih
dahulu guru memberi salam pada saat memasuki kelas.
·
Kemudian
siswa berdoa.
·
Menanyakan
kabar siswa-siswa tersebut.
·
Menanyakan
kehadiran siswa-siswa dikelas tersebut.
·
Kemudian guru
menanyakan kesiapan belajar siswa
|
|
2. Penyajian
materi
|
·
Sebelum
memasuki pelajaran, guru mengulang kembali materi yang telah dipelajari
sebelum nya.
·
Setelah
selesai guru mulai memasuki topik yang akan dipelajari nya itu.
·
Dalam
penyajian materi guru melakukan atau melaksanakan kegiata-kegiatan sebagai
berikut :
1) Apresiasi
2) Ekplorasi melaluli tanya jawab
3) Penyampaian tujuan pembelajaran.
4) Pembentukan kelompok.
5) Pembagian lembar kerja.
6) Penilaian autentik.
7) Mengamati.
8) Menanya.
9) Mengasosiasi.
10) Mengkomunikasikan.
11) Menyimpulkan materi.
12) Refleksi.
13) Penugasan.
|
|
3. Metode
pembelajaran
|
Metode
pembelajarannya baik. Dalam proses
belajar mengajar guru mengunakan metode diskusi dalam pembalajaran. Dimana
siswa di bagi menjadi beberapa grup kemudian berinteraksi saling bertukar
pendapat, atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah
sehingga didapatkan kesepakatan diantar mereka.
|
|
4. Penggunaan
bahasa
|
Penggunaan
bahasanya baik. Selama melaksanakan proses belajar mengajar guru mengunakan bahasa yang
sopan dan mudah dipahami.
|
|
5. Penggunaan
waktu
|
Penggunaan
waktunya
baik
|
|
6. Gerak
|
Geraknya
cukup baik. Guru melakukan gerakan-gerakan tubuh seperti gerakan
tangan pada saat memberikan apresiasi kepada peserta didik selama proses
belajar mengajar.
|
|
7. Cara
memotivasi siswa
|
Cara memotivasi
siswanya cukup baik
|
|
8. Teknik
bertanya
|
Teknik
bertanyanya baik
|
|
9. Teknik
penguasaan kelas
|
Teknik
penguasaan kelasnya baik
|
|
10. Penggunaan
media
|
Penggunaan
medianya cukup baik. Dalam proses belajar mengajar guru memanfaatkan media pembelajaran yang
tersedia didalam kelas seperti proyektor, power point, dll
|
|
11. Bentuk dan
cara evaluasi
|
Bentuk dan
cara evaluasi baik
|
|
12. Menutup
pelajaran
|
Menutup
pelajaran baiks
|
|
C
|
Perilaku Peserta
Pelatihan (Diklat)
|
|
1. Perilaku
siswa di dalam kelas
|
Perilaku
siswa di dalam ruangan cukup kondusif
|
|
2. Perilaku
siswa di luar kelas
|
Tidak terlihat adanya Perilaku siswa di luar kelas
|
Kondisi
Fisik Sekolah
No
|
Aspek yang diamati
|
Deskripsi Hasil Pengamatan
|
1
|
Kondisi fisik sekolah
|
Untuk
kondisi ruangan kelas
tersebut cukup bagus
|
2
|
Potensi siswa
|
Potensi
siswa baik, Siswa memiliki
potensi yang sangat baik, itu terlihat pada saat proses belajar mengajar.
Siswa mampu mengikuti pelajaran dengan baik.
|
3
|
Potensi guru
|
Potensi guru baik, Guru
memiliki potensi yang sangat baik itu ditunjukan dengan kemampunya dalam
menguasai materi, mentrasferkan ilmu nya kepada peserta diidk dan kemampuanya
mengelola kelas yang kondusif.
|
4
|
Potensi karyawan
|
Tidak
terlihat adanya Potensi
karyawan
|
5
|
Fasilitas KBM, media
|
Fasilitas KBM, media
cukup memadai
|
6
|
Perpustakaan
|
Tidak
terlihat adanya Perpustakaan
|
7
|
Laboratorium
|
Tidak
terlihat adanya Laboratorium
|
8
|
Bimbingan konseling
|
Tidak
terlihat adanya Bimbingan
konseling
|
9
|
Bimbingan belajar
|
Tidak
terlihat adanya Bimbingan belajar
|
10
|
Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
|
Tidak
terlihat adanya Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket,
drumband, dsb)
|
11
|
Organisasi dan fasilitas OSIS
|
Tidak
terlihat adanya Organisasi dan fasilitas OSIS
|
12
|
Organisasi dan fasilitas UKS
|
Tidak
terlihat adanya Organisasi dan fasilitas UKS
|
13
|
Administrasi (karyawan, sekolah, dinding)
|
Tidak terlihat adanya
Administrasi
(karyawan, sekolah, dinding)
|
14
|
Karya Tulis Ilmiah Remaja
|
Tidak
terlihat adanya Karya Tulis Ilmiah Remaja
|
15
|
Karya Ilmiah oleh Guru
|
Tidak
terlihat adanya Karya Ilmiah oleh Guru
|
16
|
Koperasi siswa
|
Tidak
terlihat adanya Koperasi siswa
|
17
|
Tempat ibadah
|
Tidak
terlihat adanya Tempat ibadah
|
18
|
Kesehatan lingkungan
|
Tidak
terlihat adanya Kesehatan lingkungan
|
19
|
Lain-lain ……………………...
|
Kondisi Lembaga
No
|
Aspek yang diamati
|
Deskripsi Hasil Pengamatan
|
1.
|
Observasi fisik :
|
|
a. Keadaan lokasi
|
Keadaan lokasi
|
|
b. Keadaan gedung
|
Keadaan gedung
|
|
c. Keadaan sarana/prasarana
|
Keadaan
sarana/prasarana
|
|
d. Keadaan personalia
|
Tidak terlihat adanya Keadaan personalia
|
|
e. Keadaan fisik lain (penunjang)
|
Tidak terlihat adanya Keadaan fisik lain (penunjang)
|
|
f. Penataan ruang kerja
|
Tidak terlihat adanya Penataan ruang kerja
|
|
g. Aspek lain …..
|
||
2.
|
Observasi tata kerja :
|
|
a. Struktur organisasi tata kerja
|
Tidak terlihat adanya Struktur organisasi tata kerja
|
|
b. Program kerja lembaga
|
Tidak terlihat adanya Program kerja lembaga
|
|
c. Pelaksanaan kerja
|
Tidak terlihat adanya Pelaksanaan kerja
|
|
d. Iklim kerja antar personalia
|
Tidak terlihat adanya Iklim kerja antar personalia
|
|
e. Evaluasi program kerja
|
Tidak terlihat adanya Evaluasi program kerja
|
|
f. Hasil yang dicapai
|
Hasil yang dicapai cukup baik
|
|
g. Program pengembangan
|
Tidak terlihat adanya Program pengembangan
|
|
h. Aspek lain …..
|
Tidak terlihat adanya Aspek lain
|
2 comments:
Aww awsome...
Makasih neneng atas infrmasi nya,sehingga saya dapat mengetahui berbagai variasi dalam mengajar...
Mungkin suatu waktu anda dapat mengajari saya...
Terima kasihh sebelumnya..... by:martina 6B
Sama-sama martina. Semoga bermanfaat yah. Untuk bagaimana cara mengaplikasikan nya anda bisa googling sendiri.
By : Neneng yeni 6B
Post a Comment