Friday, February 26, 2016

Laporan observasi keterampilan memberi penguatan ( Uci Ratna Ningrum 136311558 kelas : 6B)

Nama : Uci Ratna Ningrum
NPM : 136311558
Kelas : 6B
Tugas : Pengajaran Mikro (Laporan Observasi Video Youtube Mengenai Video Keterampilan Memberi penguatan Di Dalam Proses Pembelajaran)


Aspek yang diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
A
Perangkat Pelatihan/Pembelajaran
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)
·            Tidak terlihat adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP). Tetapi guru menggunakan kurikulum 2013.
2. Silabus
·            Tidak terlihat adanya Silabus.
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
·            Tidak terlihat adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
B
Proses Pelatihan/Pembelajaran
1. Membuka pelajaran
·         Terlebih dahulu guru memberi salam pada saat memasuki kelas.
·         Menanyakan kabar siswa-siswa tersebut.
·         Menanyakan kehadiran siswa-siswa dikelas tersebut.
·         Kemudian guru menanyakan kesiapan belajar siswa, seperti : so, have you prepare to study english today ?.

2. Penyajian materi
·         Sebelum memasuki pelajaran, guru mengulang kembali materi yang telah dipelajari sebelum nya.
·         Setelah selesai guru mulai memasuki topik yang akan dipelajari nya itu.
·         Dalam penyajian materi guru melakukan atau melaksanakan kegiata-kegiatan sebagai berikut :
1)      Apresiasi
2)      Ekplorasi melaluli tanya jawab
3)      Penyampaian tujuan pembelajaran.
4)      Pembentukan kelompok.
5)      Pembagian lembar kerja.
6)      Penilaian autentik.
7)      Mengamati.
8)      Menanya.
9)      Mengasosiasi.
10)  Mengkomunikasikan.
11)  Menyimpulkan materi.
12)  Refleksi.
13)  Penugasan.
3. Metode pembelajaran
·         Dalam proses belajar mengajar guru mengunakan metode diskusi dalam pembalajaran. Dimana siswa di bagi menjadi beberapa grup kemudian berinteraksi saling bertukar pendapat, atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantar mereka.
4. Penggunaan bahasa
·         Selama melaksanakan proses belajar mengajar guru mengunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami. 
5. Penggunaan waktu
·        Guru sangat memperhatikan, mengatur dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sebagai mana yang diharapkan.
6. Gerak
·         Guru melakukan gerakan-gerakan tubuh seperti gerakan tangan pada saat memberikan apresiasi kepada peserta didik selama proses belajar mengajar.
7. Cara memotivasi siswa
·         Guru memotivasi siswa dengan cara selalu memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar pelajaran kepada siswa dan mengapresisasi jawaban-jawaban peserta didik seperti ; good, great, good job etc, sehingga memotivasi peserta didik untuk aktif dan ikut berpartisipasi didalam kelas.
8. Teknik bertanya
·         Teknik bertanyanya baik
9. Teknik penguasaan kelas
·         Teknik penguasaan kelasnya baik
10. Penggunaan media
·         Dalam proses belajar mengajar guru memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia didalam kelas seperti proyektor, hand out d.l.l.
11. Bentuk dan cara evaluasi
·         Bentuk dan cara evaluasi baik
12. Menutup pelajaran
·         Sebelum menutup pelajaran guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan cara mengajukan pernyataan kepada para siswa tersebut tentang kesimpulan pelajaran hari itu.
·         Setelah beberapa siswa menjawab pertanyaan atau mengajukan pendapat nya barulah guru menyimpulkan keseluruhan jawaban dan meteri hari itu.
C
Perilaku Peserta Pelatihan (Diklat)
1. Perilaku siswa di dalam kelas
·      Sikap siswa selama proses balajar sangat baik, sopan, menghormati guru yang sedang mengajar, memperhatikan guru ketika menjelaskan pelajaran dan menghargai pendapat teman-teman nya.
2. Perilaku siswa di luar kelas
·      Tidak terlihat adanya Perilaku siswa di luar kelas.
No
Aspek yang diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
1
Kondisi fisik sekolah
·           Untuk kondisi ruangan kelas tersebut cukup bagus
2
Potensi siswa
·           Siswa memiliki potensi yang sangat baik, itu terlihat pada saat proses belajar mengajar. Siswa mampu mengikuti pelajaran dengan baik.
3
Potensi guru
·           Guru memiliki potensi yang sangat baik itu ditunjukan dengan kemampunya dalam menguasai materi, mentrasferkan ilmu nya kepada peserta diidk dan kemampuanya mengelola kelas yang kondusif.
4
Potensi karyawan
·           Tidak terlihat adanya Potensi karyawan
5
Fasilitas KBM, media
·           Fasilitas yang tersedia untuk proses belajar mengajar sudah sangat terpenuhi, seperti ; papan tulis, meja kursi, proyektor, ruangan kelas yang kondusif dan lain-lain.
6
Perpustakaan
·           Fasilitas KBM, media cukup memadai
7
Laboratorium
·           Tidak terlihat adanya Perpustakaan
8
Bimbingan konseling
·           Tidak terlihat adanya Laboratorium
9
Bimbingan belajar
·           Tidak terlihat adanya Bimbingan konseling
10
Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
·           Tidak terlihat adanya  Ekstrakurikuler (pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
11
Organisasi dan fasilitas OSIS
·           Tidak terlihat adanya  Organisasi dan fasilitas OSIS
12
Organisasi dan fasilitas UKS
·           Tidak terlihat adanya organisasi dan fasilitas UKS.
13
Administrasi (karyawan, sekolah, dinding)
·           Tidak terlihat adanya aktivitas administrasi ( karyawan, sekolah, dinding)
14
Karya Tulis Ilmiah Remaja
·           Tidak terlihat adanya  Karya Tulis Ilmiah Remaja
15
Karya Ilmiah oleh Guru
·           Tidak terlihat adanya  Karya Ilmiah oleh Guru
16
Koperasi siswa
·           Tidak terlihat adanya  Koperasi siswa
17
Tempat ibadah
·           Tidak terlihat adanya  Tempat ibadah
18
Kesehatan lingkungan
·           Tidak terlihat adanya  Kesehatan lingkungan
19
Lain-lain ……………………...
No
Aspek yang diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
1.
Observasi fisik :
a. Keadaan lokasi
·           Keadaan lokasi baik.
b. Keadaan gedung
·           Keadaan gedung baik.
c. Keadaan sarana/prasarana
·           Keadaan sarana/prasarana baik.
d. Keadaan personalia
·           Tidak terlihat adanya Keadaan personalia.
e. Keadaan fisik lain (penunjang)
·           Tidak terlihat adanya Keadaan fisik lain (penunjang)
f. Penataan ruang kerja
·           Tidak terlihat adanya Penataan ruang kerja
g. Aspek lain …..
2.
Observasi tata kerja :
a. Struktur organisasi tata kerja
·         Tidak terlihat adanya Struktur organisasi tata kerja
b. Program kerja lembaga
·         Tidak terlihat adanya Program kerja lembaga
c. Pelaksanaan kerja
·         Tidak terlihat adanya Pelaksanaan kerja
d. Iklim kerja antar personalia
·         Tidak terlihat adanya Iklim kerja antar personalia
e. Evaluasi program kerja
·         Tidak terlihat adanya Evaluasi program kerja
f. Hasil yang dicapai
·         Hasil yang dicapai cukup baik
g. Program pengembangan
·         Tidak terlihat adanya Program pengembangan
h. Aspek lain …..
·         Tidak terlihat adanya Aspek lain

4 comments:

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Terima kasih atas informasinya yang telah anda berikan berupa keterampilan memberi kekuatan. Hasil observasi yang telah anda berikan sudah jelas dan dan dapat dipahami,bermanfaat bagi kita semua terutama dalam mengajar. terima kasih.
By : EMAWATI

Unknown said...

Terima kasih atas informasinya yang telah anda berikan berupa keterampilan memberi kekuatan. Hasil observasi yang telah anda berikan sudah jelas dan dan dapat dipahami,bermanfaat bagi kita semua terutama dalam mengajar. terima kasih.

Unknown said...

Iya Emawati terima kasih atas pendapat anda. Semoga dapat bermanfaat untuk anda .
By : Uci Ratna Ningrum 6B