Nama
: Uci Ratna Ningrum
NPM
: 136311558
Kelas
: 6B
Tugas
: Pengajaran Mikro (Laporan Observasi Video Youtube Mengenai Video Keterampilan
Memberi penguatan Di Dalam Proses Pembelajaran)
Aspek yang diamati
|
Deskripsi Hasil
Pengamatan
|
|
A
|
Perangkat Pelatihan/Pembelajaran
|
|
1. Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)
|
·
Tidak terlihat adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP). Tetapi
guru menggunakan kurikulum 2013.
|
|
2. Silabus
|
·
Tidak terlihat adanya Silabus.
|
|
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
|
·
Tidak terlihat adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
|
|
B
|
Proses Pelatihan/Pembelajaran
|
|
1. Membuka pelajaran
|
·
Terlebih
dahulu guru memberi salam pada saat memasuki kelas.
·
Menanyakan
kabar siswa-siswa tersebut.
·
Menanyakan
kehadiran siswa-siswa dikelas tersebut.
·
Kemudian
guru menanyakan kesiapan belajar siswa, seperti : so, have you prepare to
study english today ?.
|
|
2. Penyajian materi
|
·
Sebelum
memasuki pelajaran, guru mengulang kembali materi yang telah dipelajari
sebelum nya.
·
Setelah
selesai guru mulai memasuki topik yang akan dipelajari nya itu.
·
Dalam
penyajian materi guru melakukan atau melaksanakan kegiata-kegiatan sebagai
berikut :
1) Apresiasi
2) Ekplorasi melaluli tanya jawab
3) Penyampaian tujuan pembelajaran.
4) Pembentukan kelompok.
5) Pembagian lembar kerja.
6) Penilaian autentik.
7) Mengamati.
8) Menanya.
9) Mengasosiasi.
10) Mengkomunikasikan.
11) Menyimpulkan materi.
12) Refleksi.
13) Penugasan.
|
|
3. Metode pembelajaran
|
·
Dalam
proses belajar mengajar guru mengunakan metode diskusi dalam pembalajaran.
Dimana siswa di bagi menjadi beberapa grup kemudian berinteraksi saling
bertukar pendapat, atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan
masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantar mereka.
|
|
4. Penggunaan bahasa
|
·
Selama
melaksanakan proses belajar mengajar guru mengunakan bahasa yang sopan dan
mudah dipahami.
|
|
5. Penggunaan waktu
|
·
Guru
sangat memperhatikan, mengatur dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya sehingga
proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sebagai mana yang
diharapkan.
|
|
6. Gerak
|
·
Guru
melakukan gerakan-gerakan tubuh seperti gerakan tangan pada saat memberikan
apresiasi kepada peserta didik selama proses belajar mengajar.
|
|
7. Cara memotivasi siswa
|
·
Guru
memotivasi siswa dengan cara selalu memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar
pelajaran kepada siswa dan mengapresisasi jawaban-jawaban peserta didik seperti
; good, great, good job etc, sehingga memotivasi peserta didik untuk aktif
dan ikut berpartisipasi didalam kelas.
|
|
8. Teknik bertanya
|
·
Teknik bertanyanya baik
|
|
9. Teknik penguasaan kelas
|
·
Teknik penguasaan kelasnya baik
|
|
10. Penggunaan media
|
·
Dalam
proses belajar mengajar guru memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia
didalam kelas seperti proyektor, hand out d.l.l.
|
|
11. Bentuk dan cara evaluasi
|
·
Bentuk dan cara evaluasi baik
|
|
12. Menutup pelajaran
|
·
Sebelum
menutup pelajaran guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan cara
mengajukan pernyataan kepada para siswa tersebut tentang kesimpulan pelajaran
hari itu.
·
Setelah
beberapa siswa menjawab pertanyaan atau mengajukan pendapat nya barulah guru
menyimpulkan keseluruhan jawaban dan meteri hari itu.
|
|
C
|
Perilaku Peserta Pelatihan (Diklat)
|
|
1. Perilaku siswa di dalam kelas
|
·
Sikap
siswa selama proses balajar sangat baik, sopan, menghormati guru yang sedang
mengajar, memperhatikan guru ketika menjelaskan pelajaran dan menghargai
pendapat teman-teman nya.
|
|
2. Perilaku siswa di luar kelas
|
·
Tidak terlihat adanya Perilaku siswa di luar kelas.
|
No
|
Aspek yang
diamati
|
Deskripsi
Hasil Pengamatan
|
1
|
Kondisi fisik
sekolah
|
·
Untuk kondisi ruangan kelas tersebut cukup bagus
|
2
|
Potensi
siswa
|
·
Siswa memiliki potensi yang
sangat baik, itu terlihat pada saat proses belajar mengajar. Siswa mampu
mengikuti pelajaran dengan baik.
|
3
|
Potensi
guru
|
·
Guru memiliki potensi yang sangat
baik itu ditunjukan dengan kemampunya dalam menguasai materi, mentrasferkan
ilmu nya kepada peserta diidk dan kemampuanya mengelola kelas yang kondusif.
|
4
|
Potensi
karyawan
|
·
Tidak terlihat adanya Potensi karyawan
|
5
|
Fasilitas
KBM, media
|
·
Fasilitas yang tersedia untuk
proses belajar mengajar sudah sangat terpenuhi, seperti ; papan tulis, meja
kursi, proyektor, ruangan kelas yang kondusif dan lain-lain.
|
6
|
Perpustakaan
|
·
Fasilitas KBM, media cukup memadai
|
7
|
Laboratorium
|
·
Tidak terlihat adanya Perpustakaan
|
8
|
Bimbingan
konseling
|
·
Tidak terlihat adanya Laboratorium
|
9
|
Bimbingan
belajar
|
·
Tidak terlihat adanya Bimbingan konseling
|
10
|
Ekstrakurikuler
(pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
|
·
Tidak terlihat adanya Ekstrakurikuler
(pramuka, PMI, basket, drumband, dsb)
|
11
|
Organisasi
dan fasilitas OSIS
|
·
Tidak terlihat adanya Organisasi
dan fasilitas OSIS
|
12
|
Organisasi
dan fasilitas UKS
|
·
Tidak terlihat adanya organisasi
dan fasilitas UKS.
|
13
|
Administrasi
(karyawan, sekolah, dinding)
|
·
Tidak terlihat adanya aktivitas
administrasi ( karyawan, sekolah, dinding)
|
14
|
Karya
Tulis Ilmiah Remaja
|
·
Tidak terlihat adanya Karya Tulis
Ilmiah Remaja
|
15
|
Karya
Ilmiah oleh Guru
|
·
Tidak terlihat adanya Karya Ilmiah
oleh Guru
|
16
|
Koperasi
siswa
|
·
Tidak terlihat adanya Koperasi
siswa
|
17
|
Tempat
ibadah
|
·
Tidak terlihat adanya Tempat ibadah
|
18
|
Kesehatan
lingkungan
|
·
Tidak terlihat adanya Kesehatan
lingkungan
|
19
|
Lain-lain
……………………...
|
|
No
|
Aspek yang diamati
|
Deskripsi Hasil
Pengamatan
|
1.
|
Observasi
fisik :
|
|
a.
Keadaan lokasi
|
·
Keadaan lokasi baik.
|
|
b.
Keadaan gedung
|
·
Keadaan gedung baik.
|
|
c.
Keadaan sarana/prasarana
|
·
Keadaan sarana/prasarana baik.
|
|
d.
Keadaan personalia
|
·
Tidak terlihat adanya Keadaan personalia.
|
|
e.
Keadaan fisik lain (penunjang)
|
·
Tidak terlihat adanya Keadaan fisik lain (penunjang)
|
|
f.
Penataan ruang kerja
|
·
Tidak terlihat adanya Penataan ruang kerja
|
|
g. Aspek
lain …..
|
||
2.
|
Observasi tata kerja :
|
|
a.
Struktur organisasi tata kerja
|
·
Tidak terlihat adanya Struktur organisasi tata kerja
|
|
b.
Program kerja lembaga
|
·
Tidak terlihat adanya Program kerja lembaga
|
|
c.
Pelaksanaan kerja
|
·
Tidak terlihat adanya Pelaksanaan kerja
|
|
d. Iklim
kerja antar personalia
|
·
Tidak terlihat adanya Iklim kerja antar personalia
|
|
e.
Evaluasi program kerja
|
·
Tidak terlihat adanya Evaluasi program kerja
|
|
f. Hasil
yang dicapai
|
·
Hasil yang dicapai cukup baik
|
|
g.
Program pengembangan
|
·
Tidak terlihat adanya Program pengembangan
|
|
h. Aspek
lain …..
|
·
Tidak terlihat adanya Aspek lain
|
4 comments:
Terima kasih atas informasinya yang telah anda berikan berupa keterampilan memberi kekuatan. Hasil observasi yang telah anda berikan sudah jelas dan dan dapat dipahami,bermanfaat bagi kita semua terutama dalam mengajar. terima kasih.
By : EMAWATI
Terima kasih atas informasinya yang telah anda berikan berupa keterampilan memberi kekuatan. Hasil observasi yang telah anda berikan sudah jelas dan dan dapat dipahami,bermanfaat bagi kita semua terutama dalam mengajar. terima kasih.
Iya Emawati terima kasih atas pendapat anda. Semoga dapat bermanfaat untuk anda .
By : Uci Ratna Ningrum 6B
Post a Comment