Mata Kuliah : Teori dan
Praktek Pengajaran Mikro Pendidikan Bahasa Inggris
Dosen : Marhamah, M.Ed
Nama : Ratna Dewi
Kelas : 6 B
NPM : 136310595
LAPORAN HASIL OBSERVASI
KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS
1. Data
dan Instrumen Hasil Observasi
Judul Youtube :
Model Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas VII (SMP Kelas 1)
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas/ Semester :
VII/ 1(Satu)
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Materi Pelajaran :
My Idol
Tema/Topik :
What do they look like?
Jumlah
Siswa : 30
Analisis
Keterampilan : Keterampilan Mengelola Kelas
FORMAT OBSERVASI
PENILAIAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS
No
|
Aspek
yang Diamati
|
Deskripsi
Hasil Pengamatan
|
A.
|
Perangkat
Pelatihan Pembelajaran
|
|
|
1. Kurikulum
2013
|
Guru menggunakan
kurikulum 2013 dalam pembelajara. Hal ini terlihat dari pemberian tema yang
diberikan pada saat pembelajaran, yaitu “What do they look like?”
|
|
2. Silabus
|
Guru mengajarkan
sesuai dengan silabus dalam kurikulum 2013
|
|
3. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
|
Guru tersebut juga
membawa RPP dalam pembeljaran,. Hal ini terlihat dari pengorganisiran yang
baik dari guru tersebut, baik itu dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti,
dan juga kegiatan penutup.
|
B.
|
Proses
Pelatihan atau Pembelajaran
|
|
|
1) Membuka
Pelajaran
|
Guru membuka
pelajaran dimulai dengan salam dan diiringan dengan berdoa . Setela itu, guru
tersebut memeriksa kondisi dan kehadiran siswa/i nya. Dan dilanjutkan dengan
pengenalan topic yang akan dipelajari hari itu. Akan tetapi, guru tersebut
tidak menyampaikan tujuan kompetensi yang hendak dicapai oleh siswa dan juga
tidak mengaitkan mata pelajaran antara yang akan dipelajari dengan yang sudah
dipelajari sebelumnya. Namun, guru tersebut dapat memberikan contoh yang
relevan dengan kehidupan sehari-hari.
|
|
2) Penyajian
Materi
|
Guru tersebut menyajikan
materi secara runtut, jelas. Penyajian materi tersebut dimulai dengan
pemberian pertanyaan kepada siswa tentang tokoh idola mereka dan alas an
mengapa mereka menyukainya dan setealh itu barulah sang guru memberikan
contoh tokoh idolanya sambil mendeskripsikan dari tokoh tersebut secara
bersama-sama.
|
|
3) Metode
Pembelajaran
|
Metode yang diberikan
oleh guru tersebut sudah cukup baik karena beliau menggunakan cooperative
learning tipe . Dengan cara pengorganisasian siswa melalui kelompok yang
nantinya akan mengajarkan kepada anak
didik untuk dapat bekerja sama dalam kelompok dan terlibat aktif sebagai
pembicara dan pendengar yang baik, sehingga peserta didik tidak bersifat
individual.
|
|
4) Penggunaan
Bahasa
|
Guru tersebut
menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa sehingga siswa mudah untuk
memahami penjelasan dari sang guru tersebut tanpa harus melakukan
code-mixing.
|
|
5) Penggunaan
Waktu
|
Guru dapat mengelola
waktu dengan baik, hal ini dapat diketahui dari cara menajemen yang baik oleh
guru tersebut , baik itu dimulai dari kegiatan awal, inti dan akhir.
|
|
6) Gerak
|
Guru dapat menguasai
kelas dengan baik dari cara beliau melakukan gerakan yang tidak hanya duduk
dan berdiri didepan, tapi guru tersebut juga mengelilingi seluruh kelas dan
mengawasi kegiatan diskusi tiap kelompok sehingga tidak ada peserta didik
yang ribut.
|
|
7) Cara
Memotivasi Siswa
|
“Guru memberikan
motivasi yang baik yang dapat membuat peserta didik dapat bersemangat dalam
mengikuti pembelajaran.”
|
|
8) Teknik
Bertanya
|
Guru memberikan
pertanyaan kepada siswa dengan baik , jelas dan mudah dimengerti oleh siswa
serta pertanyaan tersebut tidak terlepas dari topik yang dibahas oleh mereka.
Selain itu, guru tersebut juga mengajukan pertanyaa secara acak dan tida
hanya terfokus pada siswa yang pintar saja. Beliau juga memberikan waktu bagi
peserta didik untuk menjawab pertanyaannya ?. Seperti “What is your idol ?”
|
|
9) Teknik
Menguasai Kelas
|
“Guru dapat menguasai
kelas dengan baik dan memberikan stimulus dengan baik pula sehingga siswa
dapat memberikan respon yang baik pula.”
|
|
10) Penggunaan
Media
|
Guru tidak hanya
menggunakan media buku sebagai bahan pelajaran, tetapi guru juga menggunakan
gambar atau poster seorang tokoh terkenal dan menjadi idola bagi para remaja
saat ini dengan menempelkannya didepan papan tulis sehingga itu dapat
memfokuskan dan memberikan gambaran yang nyata terhadap topik yang sedang
dipelajari.
|
|
11) Bentuk
dan Cara Evaluasi
|
Guru melakukan
kegiatan diskusi dan diteruskan dengan pemberian tugas berupa presentasi
kelompok.
|
|
12) Menutup
Pelajaran
|
Guru mengakhiri
pelajaran dengan pemberian kesimpulan ataupun rangkuman menganai pelajaran
yang mereka pelajari hari itu dan diakhiri dengan pemberian tugas berupa
pekerjaan rumah (PR) dan mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
|
C
|
Perilaku Peserta Pelatihan
(Diklat)
|
|
|
1.
Perilaku siswa di dalam kelas
|
“Siswa antusias dalam
mengikuti pembelajaran didalam kelas dan juga terlibat aktif selama
pembelajaran .”
|
No comments:
Post a Comment