Friday, February 26, 2016

LAPORAN OBSERVASI RATNA DEWI KELAS 6B

Mata Kuliah : Teori dan Praktek Pengajaran Mikro Pendidikan Bahasa Inggris
Dosen : Marhamah, M.Ed


                                                            Nama  : Ratna Dewi
                                                            Kelas   : 6 B
                                                            NPM   : 136310595


LAPORAN HASIL OBSERVASI
                          KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS      

1.      Data dan Instrumen Hasil Observasi
Judul Youtube                  : Model Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas VII (SMP Kelas 1)
Satuan Pendidikan                        : SMP
Kelas/ Semester                 : VII/ 1(Satu)
Mata Pelajaran                  :  Bahasa Inggris
Materi Pelajaran                : My Idol
Tema/Topik                       : What do they look like?
Jumlah Siswa                    : 30
Analisis Keterampilan       :  Keterampilan Mengelola Kelas

FORMAT OBSERVASI PENILAIAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS

No
Aspek yang Diamati
Deskripsi Hasil Pengamatan
A.
Perangkat Pelatihan Pembelajaran

1.      Kurikulum 2013
Guru menggunakan kurikulum 2013 dalam pembelajara. Hal ini terlihat dari pemberian tema yang diberikan pada saat pembelajaran, yaitu “What do they look like?”

2.      Silabus
Guru mengajarkan sesuai dengan silabus dalam kurikulum 2013

3.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Guru tersebut juga membawa RPP dalam pembeljaran,. Hal ini terlihat dari pengorganisiran yang baik dari guru tersebut, baik itu dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan juga kegiatan penutup.
B.
Proses Pelatihan atau Pembelajaran

1)      Membuka Pelajaran
Guru membuka pelajaran dimulai dengan salam dan diiringan dengan berdoa . Setela itu, guru tersebut memeriksa kondisi dan kehadiran siswa/i nya. Dan dilanjutkan dengan pengenalan topic yang akan dipelajari hari itu. Akan tetapi, guru tersebut tidak menyampaikan tujuan kompetensi yang hendak dicapai oleh siswa dan juga tidak mengaitkan mata pelajaran antara yang akan dipelajari dengan yang sudah dipelajari sebelumnya. Namun, guru tersebut dapat memberikan contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

2)      Penyajian Materi
Guru tersebut menyajikan materi secara runtut, jelas. Penyajian materi tersebut dimulai dengan pemberian pertanyaan kepada siswa tentang tokoh idola mereka dan alas an mengapa mereka menyukainya dan setealh itu barulah sang guru memberikan contoh tokoh idolanya sambil mendeskripsikan dari tokoh tersebut secara bersama-sama.

3)      Metode Pembelajaran
Metode yang diberikan oleh guru tersebut sudah cukup baik karena beliau menggunakan cooperative learning tipe . Dengan cara pengorganisasian siswa melalui kelompok yang nantinya akan  mengajarkan kepada anak didik untuk dapat bekerja sama dalam kelompok dan terlibat aktif sebagai pembicara dan pendengar yang baik, sehingga peserta didik tidak bersifat individual.

4)      Penggunaan Bahasa
Guru tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa sehingga siswa mudah untuk memahami penjelasan dari sang guru tersebut tanpa harus melakukan code-mixing.

5)      Penggunaan Waktu
Guru dapat mengelola waktu dengan baik, hal ini dapat diketahui dari cara menajemen yang baik oleh guru tersebut , baik itu dimulai dari kegiatan awal, inti dan akhir.

6)      Gerak
Guru dapat menguasai kelas dengan baik dari cara beliau melakukan gerakan yang tidak hanya duduk dan berdiri didepan, tapi guru tersebut juga mengelilingi seluruh kelas dan mengawasi kegiatan diskusi tiap kelompok sehingga tidak ada peserta didik yang ribut.

7)      Cara Memotivasi Siswa
“Guru memberikan motivasi yang baik yang dapat membuat peserta didik dapat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.”

8)      Teknik Bertanya
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa dengan baik , jelas dan mudah dimengerti oleh siswa serta pertanyaan tersebut tidak terlepas dari topik yang dibahas oleh mereka. Selain itu, guru tersebut juga mengajukan pertanyaa secara acak dan tida hanya terfokus pada siswa yang pintar saja. Beliau juga memberikan waktu bagi peserta didik untuk menjawab pertanyaannya ?. Seperti “What is your idol ?”

9)      Teknik Menguasai Kelas
“Guru dapat menguasai kelas dengan baik dan memberikan stimulus dengan baik pula sehingga siswa dapat memberikan respon yang baik pula.”

10)  Penggunaan Media
Guru tidak hanya menggunakan media buku sebagai bahan pelajaran, tetapi guru juga menggunakan gambar atau poster seorang tokoh terkenal dan menjadi idola bagi para remaja saat ini dengan menempelkannya didepan papan tulis sehingga itu dapat memfokuskan dan memberikan gambaran yang nyata terhadap topik yang sedang dipelajari.

11)  Bentuk dan Cara Evaluasi
Guru melakukan kegiatan diskusi dan diteruskan dengan pemberian tugas berupa presentasi kelompok.

12)  Menutup Pelajaran
Guru mengakhiri pelajaran dengan pemberian kesimpulan ataupun rangkuman menganai pelajaran yang mereka pelajari hari itu dan diakhiri dengan pemberian tugas berupa pekerjaan rumah (PR) dan mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
C
Perilaku Peserta Pelatihan (Diklat)

1.      Perilaku siswa di dalam kelas
“Siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas dan juga terlibat aktif selama pembelajaran .”


No comments: