TUGASMAKALAH
BAHASA INGGRIS
“NOUN”
KELOMPOK
1:
THASYA
TIFANI
RIRI
ASTUTI
AYU
TRIANA
GUSTIA
FADILAH
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas
rahmat dan petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah
Bahasa Inggris dengan judul “Noun” sebagaimana sebatas pengetahuan dan
kemampuan yang dimiliki. Dan juga kami berterima kasih pada IbuMarhamah selaku
Dosen mata kuliah Bahasa Inggris yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
tugas ini di susun bertujuan untuk memenuhi tugas Bahasa Inggris dalam menempuh
pendidikan di Universitas Islam Riau(UIR) Fakutas Komunikasi
Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam
penyajian data makalah ini. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran
yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah
ini berguna dan dapat menambah pengetahuan pembaca.
Penulis
Kelompok1
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR..........................................................................................................
2
DAFTAR ISI.........................................................................................................................
3
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang...........................................................................................................
4
B.
Rumusan Masalah......................................................................................................
4
C.
Tujuan Penulisan........................................................................................................
4
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Noun........................................................................................................
5
B.
Contoh Kata dari
Noun.............................................................................................
7
C.
Contoh Kalimat
dari Noun........................................................................................
8
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan................................................................................................................
9
B.
Saran..........................................................................................................................
9
DAFTAR
PUSTAKA...........................................................................................................
10
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Dalam
mempelajari Bahasa Inggris, ada banyak hal yang harus diketahui terlebih
dahulu, salah satunya adalah bagian-bagian perkataan yang diucapkan atau
dalam Bahasa Inggris disebut Parts of Speech.
Makalah ini akan
membahas tentang noun (singular-plural dan countable-uncountable nouns)
yang menjadi bidang kajian bahasa inggris, tidak lain karena melalui itu
seseorang dapat menyampaikan maksudnya dengan jelas. Satuan bahasa yang sudah
kita kenal sebelum sampai pada tataran kalimat adalah noun (kata benda). Bentuk itu adalah pembelajaran dasar atau
struktur dasar yang harus kita pelajari supaya lebih memahami tata cara
berbahasa inggris dengan baik dan lancar. Dan juga dengan question yang
artinya tanya jawab atau mengajukan pertanyaan kepada orang lain, bahkan itu
juga sangat penting dalam menggunakan bahasa inggris sehari-hari.
B.
RUMUSAN MASALAH
Adapun tujuan dari pembuatan makalah
ini untuk mengetahui nouns, baik
bentuk, arti serta aplikasinya diharapkan dapat menjadi salah satu modal
dalam mempelajari Bahasa Inggris secara baik dan benar. Menambah wawasan dan
ilmu pengetahuan sehingga menambah ilmu yang telah ada sehingga dapat
dikembangkan menjadi sebuah makalah.
C.
TUJUAN MASALAH
1. Megetahui pengertian noun
2. Mengetahui contoh kata dari noun
3. Mengehui contoh kalimat dari noun
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN NOUN
Noun (Kata Benda) adalah segala
sesuatu yang kita lihat atau dapat kita bicarakan dan yang menunjukkan orang,
benda, tempat, tumbuhan, hewan, bulan, profesi dan sebagainya. Contohnya: pen,
December, Sunday, Jogjakarta, reading, kucing, dan lain-lain. Pada sebuah
kalimat, noun dapat digunakan sebagai subjek kalimat, objek dari kata kerja,
dan juga objek preposisi atau kata depan.
COUNTABLE NOUN:
Countable
Noun adalah kata benda yang dapat dihitung, lawan dari Uncoubtable Noun yaitu
benda yang tidak dapat dihitung. Countable noun memiliki bentuk singular
dan plural juga dapat digunakan pada singular maupun plural verb. Yang termasuk
dalam countable noun antara lain yaitu nama orang, nama hewan, ukuran, tempat,
dan segala sesuatu yang dapat dilihat dan dihitung.
Countable Noun terbagi 2:
1.
Singular Nouns adalah kata benda yang bentuknya tunggal.
Contohnya yaitu : book, sister, mango, pencil, knife, fly,
family,dan lain-lain.
2.
Plural nouns adalah kata benda yang bentuknya jamak.
Contohnya
yaitu : books, sisters, pencils, mangoes, knives, dan lain-lain.
Untuk membentuk kata benda jamak ada cara-cara tertentu yang
harus diperhatikan..
UNCOUNTABLE NOUN
Uncountable
noun adalah kata benda yang tidak dapat dihitung. Termasuk dalam uncountable
noun antara lain :
1.
Berbagai macam kata benda abstrak :
beauty, knowledge, weakness, advantage, dan lain-lain.
2.
Bahan atau zat yang memiliki bagian
sangat kecil : rice, sugar, salt, sand, dan lain-lain.
3. Bahasa : English, Javanese, dan
lain-lain.
4.
Cairan yang dapat berubah tergantung
dari isinya: water, coffee, milk, dan lain-lain.
5.
Bahan makanan yang dapat dijadikan
berbagai bentuk : bread, meat, cassava, dan lain-lain.
Uncountable
noun dapat dijadikan countable noun jika kita meletakkan keterangan kuantitas
sebelum kata benda tersebut.
Contoh :
a
glass of water : segelas air
a cup of tea : secangkir teh
NOUN
ENGLISH
There are a lot of definitions for
“noun,” from the simple list to the complex linguistic explanation, but the
best way to explain what a noun is is to explain what a noun does. Remember
when you read that verbs do verb-y things? Well, here are the noun-y things that
nouns do:
·
They come with articles. If it follows "a,"
"an" or "the" fairly closely, it’s probably a noun. If
there’s an adjective in there, it’ll be between the article and the noun, so
you’ll have to ask yourself, “Is this something I can feel, see, smell, taste
or touch? Or does it describe something I can feel, see, smell, taste or
touch?” If it’s the former, it’s a noun. If it’s the latter, it’s probably an
adjective.
·
They are described by adjectiva If something is described as
being blue, old, shiny, hot or wonderful (all adjectives), it’s probably a
noun.
·
They act as subjects. Generally, the subject of a sentence
is the thing that comes right before the verb. When you say, “The Dingo ate my
baby,” the subject is “the Dingo.” It comes right before the verb (ate).
Subjects are a little tricky because they can consist of just one word or a
whole, long phrase that can contain several nouns. gerund and infinite verbs
can also act as subjects of a sentence, but in that role, they are serving as
nouns. Why? Because nouns act as subjects.
·
They act as objets and complemets.Complements follow
state-of-being verbs like “be,” “seem” and “become.” Objects follow other verbs
as well as prepositions. In the sentence, “Amy is a teacher,” the complement is
“a teacher.” In the sentence, “Billy hit a teacher,” the object is “a teacher.”
In the sentence, “I am sitting near a teacher,” the prepositional object is “a
teacher.” In all cases, “teacher” is a noun.
·
They are names. All names of all things (people, cities,
towns, counties, states, countries, buildings, monuments, rivers, mountains,
lakes, oceans, streams, natural disasters, books, plays, magazines, articles,
songs, works of art, etc.) are nouns.
Categories of Nouns:
Nouns can be classified further as count nouns, which name anything that can be counted (four books,
two continents, a few dishes, a dozen buildings); mass nouns (or non-count nouns), which name something that can't
be counted (water, air, energy, blood); and collective nouns, which can take a singular form but are composed
of more than one individual person or items (jury, team, class, committee,
herd). We should note that some words can be either a count noun or a non-count
noun depending on how they're being used in a sentence:
- He got into trouble. (non-count)
- He had many troubles. (countable)
- Experience (non-count) is the best teacher.
- We had many exciting experiences (countable) in college.
Whether
these words are count or non-count will determine whether they can be used with
article or determiners or not. (We would not write "He got into the
troubles," but we could write about "The troubles of
Ireland."
Some texts will include the category
of abstract nouns, by which we
mean the kind of word that is not tangible, such as warmth, justice, grief,
and peace. Abstract nouns are sometimes troublesome for non-native
writers because they can appear with determiners or without: "Peace
settled over the countryside." "The skirmish disrupted the
peace that had settled over the countryside." See the section on plurals
for additional help with collective
nouns, words that can be singular or plural, depending on context.
B. CONTOH KATA NOUN
Thasya
Tifani :
·
Happiness
·
Statement
Riri Astuti :
·
Motorcycle
·
Cell phone
Ayu
triana :
·
Pens
·
Dogs
Gustia
Fadilah :
·
Buses
·
brushes
C. Contoh Kalimat :
Thasya
Tifani :
·
I need two bars of soap
·
I cannot understand
what you mean.
Riri astuti:
·
Be careful of what you
are saying
·
Be careful of what you
are saying
Ayu
triana:
·
What he is telling is
unreasonable.
·
He told what books to read.
Gustia
fadilah:
·
They asked me what I need to live in the dorm.
·
I learn what I think as interesting thing.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Nouns adalah merupakan salah satu dari
banyak hal yang harus diketahui dalam mempelajari Bahasa Inggris. Nouns (Kata Benda) adalah segala sesuatu
yang kita lihat atau dapat kita bicarakan dan yang menunjukkan orang, benda,
tempat, tumbuhan, hewan, gagasan dan sebagainya. Nouns terbagi sebagai
berikut yaitu, countable noun adalah kata benda yang dapat dihitung, didalamnya
ada kata benda yang berbentuk tunggal maupun jamak disebut dengan singular
nouns dan plural nouns. Dan yang terakhir yaitu uncountable noun yaitu kata
benda yang tidak dapat dihitung.
Dari
berbagai pengertian di atas tentu untuk masalah bentuk kalimatnya ada yg
berbeda satu sama lain. Maka dari itu, dengan mengetahui nouns baik bentuk, arti serta aplikasinya diharapkan dapat
menjadi salah satu modal dalam mempelajari Bahasa Inggris secara baik dan
benar.
B.
SARAN
Begitu banyak penjelasan tentang Noun, jadi kita
diharapkan mampu membedakan pengertian noun tersebut dan bagian bagian dari
Noun.
DAFTAR
PUSTAKA
Simanjuntak, Herpinus, Bahasa
Inggris Sistem 52 M, (Bekasi Timur: Indonesia, 2003), hal. 64.
Hariyono, Rudy, Drs dan Andrew
Mc.Carthy. 2008. ABC Plus English Grammar (Tata Bahasa Inggris ABC Plus).
Surabaya : Gitamedia Press
Zakiah,
Anisah, Solusi Instan Ala Pelajar
Taklukan Bahasa Inggris, (Depok,Sleman,Jogjakarta: Javalitera, 2013),
hal.83.
No comments:
Post a Comment