Monday, February 29, 2016

Tugas B.Inggris Kelas II F FIKOM. Kelompok : Thasya Tifani, Riri Astuti, Ayu Triana, Gustia Fadilah


TUGASMAKALAH BAHASA INGGRIS
“NOUN”





KELOMPOK 1:
THASYA TIFANI
RIRI ASTUTI
AYU TRIANA
GUSTIA FADILAH

JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
2016




KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Bahasa Inggris dengan judul “Noun” sebagaimana sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Dan juga kami berterima kasih pada IbuMarhamah selaku Dosen mata kuliah Bahasa Inggris yang telah memberikan tugas ini kepada kami. tugas ini di susun bertujuan untuk memenuhi tugas Bahasa Inggris dalam menempuh pendidikan di Universitas Islam Riau(UIR) Fakutas Komunikasi
Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam penyajian data makalah ini. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini berguna dan dapat menambah pengetahuan pembaca.


Penulis


Kelompok1






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.......................................................................................................... 2
DAFTAR ISI......................................................................................................................... 3
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang........................................................................................................... 4
B.     Rumusan Masalah...................................................................................................... 4
C.     Tujuan Penulisan........................................................................................................ 4
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Noun........................................................................................................ 5
B.     Contoh Kata dari Noun............................................................................................. 7
C.     Contoh Kalimat dari Noun........................................................................................ 8
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan................................................................................................................ 9
B.     Saran.......................................................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................................... 10






BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Dalam mempelajari Bahasa Inggris, ada banyak hal yang harus diketahui terlebih dahulu, salah satunya adalah bagian-bagian perkataan yang diucapkan atau  dalam Bahasa Inggris disebut Parts of Speech.
Makalah ini akan membahas tentang noun (singular-plural dan countable-uncountable nouns) yang menjadi bidang kajian bahasa inggris, tidak lain karena melalui itu seseorang dapat menyampaikan maksudnya dengan jelas. Satuan bahasa yang sudah kita kenal sebelum sampai pada tataran kalimat adalah noun (kata benda). Bentuk itu adalah pembelajaran dasar atau struktur dasar yang harus kita pelajari supaya lebih memahami tata cara berbahasa inggris dengan baik dan lancar. Dan juga dengan question yang artinya tanya jawab atau mengajukan pertanyaan kepada orang lain, bahkan itu juga sangat penting dalam menggunakan bahasa inggris sehari-hari.

B.     RUMUSAN MASALAH
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini untuk mengetahui nouns, baik bentuk, arti serta aplikasinya diharapkan dapat menjadi salah satu modal dalam mempelajari Bahasa Inggris secara baik dan benar. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sehingga menambah ilmu yang telah ada sehingga dapat dikembangkan menjadi sebuah makalah.

C.      TUJUAN MASALAH
1.      Megetahui pengertian noun
2.      Mengetahui contoh kata dari noun
3.      Mengehui contoh kalimat dari noun





BAB II
PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN NOUN
Noun (Kata Benda) adalah segala sesuatu yang kita lihat atau dapat kita bicarakan dan yang menunjukkan orang, benda, tempat, tumbuhan, hewan, bulan, profesi dan sebagainya. Contohnya: pen, December, Sunday, Jogjakarta, reading, kucing, dan lain-lain. Pada sebuah kalimat, noun dapat digunakan sebagai subjek kalimat, objek dari kata kerja, dan juga objek preposisi atau kata depan.
COUNTABLE NOUN:
Countable Noun adalah kata benda yang dapat dihitung, lawan dari Uncoubtable Noun yaitu benda yang tidak dapat dihitung. Countable noun memiliki bentuk singular dan plural juga dapat digunakan pada singular maupun plural verb. Yang termasuk dalam countable noun antara lain yaitu nama orang, nama hewan, ukuran, tempat, dan segala sesuatu yang dapat dilihat dan dihitung.
Countable Noun terbagi 2:
1.      Singular Nouns adalah kata benda yang bentuknya tunggal.
Contohnya yaitu : book, sister, mango, pencil, knife, fly, family,dan lain-lain.
2.      Plural nouns adalah kata benda yang bentuknya jamak.
Contohnya yaitu : books, sisters, pencils, mangoes, knives, dan lain-lain.
Untuk membentuk kata benda jamak ada cara-cara tertentu yang harus diperhatikan..
UNCOUNTABLE NOUN
Uncountable noun adalah kata benda yang tidak dapat dihitung. Termasuk dalam uncountable noun antara lain :
1.      Berbagai macam kata benda abstrak : beauty, knowledge, weakness, advantage, dan lain-lain.
2.      Bahan atau zat yang memiliki bagian sangat kecil : rice, sugar, salt, sand, dan lain-lain.
3.      Bahasa : English, Javanese, dan lain-lain.
4.      Cairan yang dapat berubah tergantung dari isinya: water, coffee, milk, dan lain-lain.
5.      Bahan makanan yang dapat dijadikan berbagai bentuk : bread, meat, cassava, dan lain-lain.
Uncountable noun dapat dijadikan countable noun jika kita meletakkan keterangan kuantitas sebelum kata benda tersebut.
Contoh :
  a glass of water : segelas air
a cup of tea : secangkir teh

NOUN ENGLISH
There are a lot of definitions for “noun,” from the simple list to the complex linguistic explanation, but the best way to explain what a noun is is to explain what a noun does. Remember when you read that verbs do verb-y things? Well, here are the noun-y things that nouns do:
·         They come with articles. If it follows "a," "an" or "the" fairly closely, it’s probably a noun. If there’s an adjective in there, it’ll be between the article and the noun, so you’ll have to ask yourself, “Is this something I can feel, see, smell, taste or touch? Or does it describe something I can feel, see, smell, taste or touch?” If it’s the former, it’s a noun. If it’s the latter, it’s probably an adjective.
·         They are described by adjectiva If something is described as being blue, old, shiny, hot or wonderful (all adjectives), it’s probably a noun.
·         They act as subjects. Generally, the subject of a sentence is the thing that comes right before the verb. When you say, “The Dingo ate my baby,” the subject is “the Dingo.” It comes right before the verb (ate). Subjects are a little tricky because they can consist of just one word or a whole, long phrase that can contain several nouns. gerund and infinite verbs can also act as subjects of a sentence, but in that role, they are serving as nouns. Why? Because nouns act as subjects.
·         They act as objets and complemets.Complements follow state-of-being verbs like “be,” “seem” and “become.” Objects follow other verbs as well as prepositions. In the sentence, “Amy is a teacher,” the complement is “a teacher.” In the sentence, “Billy hit a teacher,” the object is “a teacher.” In the sentence, “I am sitting near a teacher,” the prepositional object is “a teacher.” In all cases, “teacher” is a noun.
·         They are names. All names of all things (people, cities, towns, counties, states, countries, buildings, monuments, rivers, mountains, lakes, oceans, streams, natural disasters, books, plays, magazines, articles, songs, works of art, etc.) are nouns.

Categories of Nouns:
Nouns can be classified further as count nouns, which name anything that can be counted (four books, two continents, a few dishes, a dozen buildings); mass nouns (or non-count nouns), which name something that can't be counted (water, air, energy, blood); and collective nouns, which can take a singular form but are composed of more than one individual person or items (jury, team, class, committee, herd). We should note that some words can be either a count noun or a non-count noun depending on how they're being used in a sentence:
  1. He got into trouble. (non-count)
  2. He had many troubles. (countable)
  3. Experience (non-count) is the best teacher.
  4. We had many exciting experiences (countable) in college.
Whether these words are count or non-count will determine whether they can be used with article or determiners or not. (We would not write "He got into the troubles," but we could write about "The troubles of Ireland."
Some texts will include the category of abstract nouns, by which we mean the kind of word that is not tangible, such as warmth, justice, grief, and peace. Abstract nouns are sometimes troublesome for non-native writers because they can appear with determiners or without: "Peace settled over the countryside." "The skirmish disrupted the peace that had settled over the countryside." See the section on plurals for additional help with collective nouns, words that can be singular or plural, depending on context.


B.     CONTOH KATA NOUN
Thasya Tifani :
·         Happiness
·         Statement
Riri Astuti :
·         Motorcycle
·         Cell phone
Ayu triana :
·         Pens
·         Dogs
Gustia Fadilah :
·         Buses
·         brushes

C.     Contoh Kalimat :
Thasya Tifani :
·         I need two bars of soap
·         I cannot understand what you mean.
Riri astuti:
·         Be careful of what you are saying
·         Be careful of what you are saying
Ayu triana:
·         What he is telling is unreasonable.
·         He told what books to read.
Gustia fadilah:
·         They asked me what I need to live in the dorm.
·         I learn what I think as interesting thing.






BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Nouns adalah merupakan salah satu dari banyak hal yang harus diketahui dalam mempelajari Bahasa Inggris. Nouns (Kata Benda) adalah segala sesuatu yang kita lihat atau dapat kita bicarakan dan yang menunjukkan orang, benda, tempat, tumbuhan, hewan, gagasan dan sebagainya. Nouns terbagi sebagai berikut yaitu, countable noun adalah kata benda yang dapat dihitung, didalamnya ada kata benda yang berbentuk tunggal maupun jamak disebut dengan singular nouns dan plural nouns. Dan yang terakhir yaitu uncountable noun yaitu kata benda yang tidak dapat dihitung.
Dari berbagai pengertian di atas tentu untuk masalah bentuk kalimatnya ada yg berbeda satu sama lain. Maka dari itu, dengan mengetahui nouns baik bentuk, arti serta aplikasinya diharapkan dapat menjadi salah satu modal dalam mempelajari Bahasa Inggris secara baik dan benar.

B.     SARAN
Begitu banyak penjelasan tentang Noun, jadi kita diharapkan mampu membedakan pengertian noun tersebut dan bagian bagian dari Noun.





DAFTAR PUSTAKA

Simanjuntak, Herpinus, Bahasa Inggris Sistem 52 M, (Bekasi Timur: Indonesia, 2003), hal. 64.

Hariyono, Rudy, Drs dan Andrew Mc.Carthy. 2008. ABC Plus English Grammar (Tata Bahasa Inggris ABC Plus). Surabaya : Gitamedia Press

            Zakiah, Anisah, Solusi Instan Ala Pelajar Taklukan Bahasa Inggris, (Depok,Sleman,Jogjakarta: Javalitera, 2013), hal.83.




No comments: